Jokowi Segera Putuskan Nama Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo atau Jokowi, angkat bicara mengenai nama calon Panglima TNI yang akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada bulan Desember 2022 mendatang. Menurut Jokowi, dirinya segera menyiapkan nama yang akan menggantikan Jenderal Andika sebagai Panglima TNI.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

"Segera, segera kita siapkan penggantinya (Andika)," kata Presiden Jokowi kepada awak media di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 7 Oktober 2022

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden
Wapres Ma’ruf Amin: Presidential Club Tak Harus Bentuk Formal

Menurut Jokowi, nama pengganti Andika sudah ada di kantongnya dan hanya tinggal dipilih saja. Kepala Negara mengatakan, sosok yang akan menjadi Panglima TNI harus merupakan salah satu dari Kepala Staf  tiga matra yang ada di TNI.

"(Nama calon Panglima TNI pengganti Andika) sudah semua di kantong. Kan memang harus dari Kepala Staf, nanti segera dipilih," ujar Jokowi

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Penglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022. Andika sempat berbicara mengenai calon Panglima TNI yang nantinya akan menggantikan dirinya setelah pensiun.

Menurut Andika, mengenai calon Panglima TNI, Presiden Jokowi biasanya tak pernah membicarakannya jauh-jauh hari. Jokowi selalu berbicara mendadak.

"Sejauh pengalaman saya, Presiden itu nggak pernah jauh-jauh hari ngomong, beliau pasti mendadak," kata Andika di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022

Presiden Jokowi saat lantik Andika Perkasa jadi KSAD.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Menurut Andika, antara dirinya dan Presiden Jokowi juga tak pernah membahas mengenai sosok Panglima TNI yang menggantikan dirinya nanti. Presiden selalu menentukan dalam menit-menit akhir. 

Ketika disinggung mengenai persiapan yang dilakukan menjelang pensiun, Andika mengaku tak memiliki persiapan khusus. Dia juga enggan menanggapi mengenai adanya usul perpanjangan masa jabatan Panglima TNI hingga 2024

"Nggak jawab saya," ujar Andika singkat 

Namun sebagai Prajurit Andika akan melaksanakan apapun yang akan menjadi perintah Presiden Jokowi. Dia akan siap melakukan instruksi Presiden apapun yang diminta. "Ya apa pun perintahnya, saya laksanakan," kata lulusan Akademi Militer tahun 1987 itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya