Relawan Ganjar Galang Dana Bantu Korban Banjir Bandang di Banyuwangi

Dampak banjir bandang di Banyuwangi, jawa Timur
Sumber :
  • FB

VIVA Nasional – Tak kurang dari 363 kepala keluarga terdampak banjir bandang yang terjadi di Banyuwangi, Jawa Timur pada Kamis malam, 3 November 2022. Hal ini membuat Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar merasa prihatin.

Prabowo ke Anies: Saya Pernah di Posisi Anda, Saya Tau Senyuman Anda Itu Berat Sekali

Mereka kemudian langsung melakukan aksi sosial dengan mendistribusikan bantuan berupa paket sembako dan logistik kepada korban terdampak banjir bandang di Desa Kalibaruwetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim). 

Relawan Ganjar galang dana bantu korban banjir bandang Banyuwangi

Photo :
  • Dok. Istimewa
Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Koordinator Santri Dukung Ganjar Banyuwangi, Fernan Wahyudi mengatakan, bantuan yang didistribusikan merupakan hasil penggalangan dana. Berbekal kardus, para relawan mengumpulkan rupiah untuk dibelanjakan sembako. 

"Anggaran yang terkumpul langsung dibelanjakan sembako, seperti mie instan, beras, susu, makanan ringan, dan sabun mandi," kata Fernan, dalam keterangan yang diterima Senin 7 November 2022.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Fernan menjelaskan, para relawan bergerak ke posko penanggulangan bencana banjir yang terpusat di Kantor Desa Kalibaruwetan. Paket sembako tersebut langsung diserahkan kepada warga di posko. 

"Sebagian lainnya diserahkan langsung kepada warga terdampak melalui kelompok warga," kata Fernan. 

Fernan berharap, bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban para korban bencana. "Semoga bantuan ini bermanfaat untuk korban yang terdampak banjir bandang di Kecamatan Kalibaru ini," kata Fernan. 

Untuk diketahui, tercatat sebanyak 363 kepala keluarga atau sekitar 1.143 jiwa terdampak banjir bandang di Kecamatan Kalibaru. Sebanyak 36 kepala keluarga lainnya telah kehilangan rumah akibat hanyut diterjang banjir.

Dampak banjir bandang di Banyuwangi, jawa Timur

Photo :
  • FB

Banjir bandang ini menerjang tiga desa di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada Kamis malam, 3 November 2022, pukul 21.00 WIB. Puluhan rumah warga dilaporkan rusak berat dan jembatan penghubung antar dusun ambruk tersapu banjir. 

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, menyatakan banjir terjadi akibat curah hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya sungai Yas sehingga menyebabkan banjir bandang di wilayah Desa Kalibaru Wetan, Desa Kajarharjo, dan Desa Krajan, Kec. Kalibaru.

Berdasarkan assesment sementara dari Tim Reaksi Cepat (TRC), banjir bandang tersebut menyebabkan sekitar 32 unit rumah warga rusak dan dua jembatan penghubung antar dusun ambruk. 

Banjir bandang juga menyebabkan 10 kendaraan bermotor warga rusak dan hanyut terbawa banjir. Sebanyak 17 hewan ternak warga hanyut dan kandangnya juga rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya