Mahmoud Abbas Undang SBY Salat di Al Aqsha

Masjid Al-Aqsa
Masjid Al-Aqsa
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengajak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk salat berjamaah di Masjid Al Aqsha.

Ajakan ini disampaikan sebagai upaya dan ucapan terima kasih negara Palestina atas dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.
 
Mahmoud Abbas dalam pidato sambutan di Istana Negara yakin akan segera datang kedamaian untuk Palestina.
 
"Negara Indonesia indah. Saya harap segera datang hari ketika kami dapat menyambut Anda (SBY dan rakyat Indonesia) di Palestina dan kita bisa salat berjamaah di Masjid Al Aqsha," kata Mahmoud Abbas, Sabtu 29 Mei 2010.
 
Abbas dalam kunjungan kedua ini mengatakan telah melakukan serangkaian pembicaraan dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Untuk itu ia menyampaikan apresiasi atas nama rakyat Palestina setinggi-tingginya kepada pemerintah Indonesia.
 
Abas juga mengucapkan selamat atas suksesnya Pemilu sehingga SBY bisa terpilih kembali. Kesuksesan itu menandai demokrasi di Indonesia berjalan dan telah mengakar dengan baik.
 
Kepada SBY, Abbas juga menceritakan bagaimana rakyatnya di Palestina tersakiti akibat sengketa yang terjadi sampai saat ini.
 
"Saya sampaikan tentang situasi berbahaya di Yerussalem Timur dan kawasan sucinya, terutama Aqsha karena rencana Israel untuk mengubah identitas arab muslim dan kristen," kata dia.
 
Dikatakan juga tentang perkembangan terakhir proses perdamaian dengan pendekatan yang dilakukan AS yang itu didukung oleh negara-negara Arab dan komunitas internasional.
 
Abbas berharap melalui pembicaraan yang dilakukan ini bisa dicapai negara Palestina yang merdeka dengan Yerussalem Timur sebagi ibukotanya sesuai road map Arab Peace Initiatives.

Abbas bertemu SBY di Istana Negara pukul 16.00 WIB. (umi)