INFOGRAFIK: Profil Singkat 5 Pahlawan Nasional Baru

Pahlawan Nasional baru
Sumber :

VIVA – Presiden Joko Widodo telah resmi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional baru kepada lima tokoh Tanah Air atas jasa-jasanya kepada bangsa dan negara. Mereka diseleksi Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Minister Encourages Service for Elderly-friendly Hajj, Backpacker Umrah

Gelar itu diresmikan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 96 TK Tahun 2022. Penyematan gelar Pahlawan Nasional dihadiri para ahli waris sebagai wakil di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 7 November 2022.

Lima tokoh ini dipilih berdasarkan usulan masyarakat lalu diseleksi Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Mereka dinilai telah berjasa dalam perjuangan mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tak Mau Kalah dari BYD, Tesla Bicara Kemungkinan Ekspansi di ASEAN

Yang pertama yakni Dr dr HR Soeharto atau yang biasa dikenal dengan Dokter Soeharto. Dokter pribadi presiden pertama RI, Ir Soekarno, ini sempat menjabat pos beberapa menteri di Kabinet Soekarno. Beliau juga pendiri BNI, IDI, dan pelopor program KB.

Siapakah empat tokoh lain yang menjadi Pahlawan Nasional baru dan apakah jasa-jasanya bagi NKRI? Silakan simak dalam Infografik di bawah ini. 

Jokowi Hopes Completion of Paralympic Training Center by Year's End

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menhub Budi Harap Bandara Singkawang Bakal Dukung Konektivitas di Kalbar

Presiden Jokowi akan segera meresmikan Bandara Singkawang.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024