Serka Iskan Dwi Wardana Diserang KKB Papua, Paha Kanannya Ditembak

Ilustrasi tembakan.
Sumber :
  • Antara Photo.

VIVA Nasional – Serka Iskan Dwi Wardana dilaporkan terkena luka tembak di paha kanan, setelah timnya diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat berpatroli, Minggu, sekitar pukul 11.37 WIT, di Kampung Yenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, saat ini sudah dievakuasi ke Puskesmas Ilaga, kata Danrem 173/PVB Brigjen TNI Sri Widodo.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Berulang

Seperti diketahui, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi kriminal dengan menyerang tiga orang warga sipil pekerja pembangunan Puskesmas Beoga di Kabupaten Puncak, Selasa, 8 November 2022. 

Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Sejumlah orang dijuluki sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. (Ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA

"Ketiga pekerja ini diserang saat hendak menuju tempat kerja menggunakan sepeda motor. Saat di tengah jalan mereka ditembak oleh KKB," kata Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua.

Freeport Indonesia Setor Rp 3,35 Triliun Bagian Daerah dari Keuntungan Bersih 2023

Lanjut Kapolda, akibat aksi penyerangan tembakan itu, menyebabkan dua orang pekerja mengalami luka tembak dan satu orang berhasil lari menyelamatkan diri. Dua orang yang tertembak itu yakni Wahyu (55) meninggal dunia akibat luka tembak di bagian lambung dan korban Ilham (43) terkena tembakan di bagian pundak kanan, selamat dalam keadaan sadar.  

(Ilustrasi) Korban penembakan KKB di Papua.

Photo :
  • VIVA/ Aman Hasibuan.

"Satu orang rekannya yang berhasil melarikan diri ini dan tidak tertembak," ujar Kapolda. Selanjutnya kedua korban telah dievakuasi ke  Timika menggunakan pesawat Smart Air dari Bandara Beoga menuju Bandara Mozes Kilangin Timika.

Pasok senjata

Tim Satgas Penegakan Hukum Damai Cartenz dan Polres Mimika, Jumat malam, 23 September 2022, menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Timika, berinisial YA, di Timika, Kabupaten Mimika, Papua. 

"Memang benar Ketua KNPB Timika, YA, ditangkap terkait dugaan keterlibatan pemasokan amunisi untuk KKB (kelompok kriminal bersenjata) yang saat ini masih diperiksa penyidik di Polres Mimika di Timika," kata Direktur Kriminal Umum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani, dilansir dari ANTARA

Ketika dihubungi melalui telepon selulernya dari Jayapura, Faizal mengatakan, penangkapan terhadap Ketua KNPB Timika itu hasil dari pengembangan setelah dua anggota KNPB ditangkap di Timika. (ANT)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya