Jokowi dan Presiden UAE Mohammed Bin Zayed Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo

Tangkapan layar - Presiden RI Joko Widodo (kiri) dan Presiden UAE Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Surakarta, Jawa Tengah, Senin, 14 November 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Indra Arief

VIVA Politik – Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Al Zayed di Surakarta, Jawa Tengah, Senin, 14 November 2022.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Jokowi dan Mohammed Bin Zayed tiba di Masjid Sheikh Al Zayed dengan menaiki kendaraan yang sama. Kedua pemimpin negara tersebut kemudian berbincang-bincang sepanjang peninjauan masjid seperti dipantau dari siaran YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta.

Setelah memasuki area masjid, Mohammed Bin Zayed tampak pula berbincang dengan sejumlah tokoh yang hadir, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan aktivis Nahdlatul Ulama Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid (Yenny Wahid).

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) yang digelar di Istana Al-Shatie, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, pada Rabu, 3 November 2021.

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi dan Mohammed Bin Zayed selanjutnya melakukan ibadah salat. Kemudian, mereka menandatangani prasasti tanda peresmian masjid dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

Keduanya juga menanam pohon sala di pekarangan masjid. Dalam prosesi tersebut, Jokowi dan Mohammed bin Zayed meletakkan tanah dan menuangkan air ke lubang yang sudah ditanami dengan bibit pohon tersebut. Keduanya lalu berfoto bersama.

Jokowi sempat menyapa masyarakat sekitar yang berkumpul di depan masjid sebelum memasuki mobil untuk meninggalkan masjid.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Photo :
  • Youtube Setpres

Turut hadir dalam peresmian itu, antara lain Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, Menteri Pertahanan Prabowo Subiantro, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan delegasi UAE.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan masjid dengan kapasitas 10.000 jamaah tersebut akan menjadi pusat pengajaran Islam rahmatan lil 'aalamin di Kota Surakarta.

"Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," kata putra pertama Jokowi itu. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya