KNPI Ungkap Tantangan Pemuda di Era Sekarang Ini: Jadi Pengusaha

Ketum DPP KNPI Muhammad Ryano Panjaitan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia Muhammad Ryano Panjaitan menilai ada hal penting yang harus dimiliki dan dikerjakan oleh pemuda di era ini yakni kemampuan menciptakan entrepreneur muda. Hal itu untuk mendorong terciptanya kemandirian pemuda dalam mengelola organisasi.

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Gaungkan Activistpreneur

"Saat ini kita sedang menggaungkan activistpreneur sebagai konsep dan tujuan besar kita untuk membangun dunia kepemudaan yang lebih maju dan progresif," kata Ryano melalui keterangan persnya, Senin, 14 November 2022.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Ketua Umum KNPI Muhammad Ryano Panjaitan.

Photo :
  • Dok. KNPI.

Ia mengatakan gerakan itu harus bisa menjadikan pemuda sebagai aktivis yang memiliki kemampuan dan kompetensi menjawab tantangan zaman, baik secara politik sekaligus menciptakan kemandirian ekonomi. Apalagi kini populasi usia muda sangat besar maka tugas kita menjadikan pemuda sebagai motor penggerak perubahan.

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Generasi Muda yang Kuat

"Visi activistpreneur harus terus kita kerjakan dan masifkan ke seluruh tingkatan kepengurusan KNPI. Bahkan ditularkan kepada seluruh elemen kepemudaan, agar lahir generasi muda yang kuat secara pemikiran serta produktif, yang berkontribusi menunjang pembangunan ekonomi di daerah maupun menunjang pembangunan nasional. Itulah kiprah pemuda yang sesungguhnya," kata Ryano.

Ryano sendiri menghadiri agenda KNPI Awards, yang digelar DPD KNPI Provinsi Sulawesi Tenggara, sekaligus melakukan konsolidasi.

Ketua Umum KNPI Muhammad Ryano Panjaitan.

Photo :
  • Dok. KNPI.

Di sela-sela kegiatan, Ryano yang didampingi oleh Sekjen DPP KNPI Almanzo Bonara dan fungsionaris DPP KNPI juga menyampaikan pentingnya peran dan partisipasi pemuda dalam mendukung pembangunan daerah di tengah-tengah kemajuan era digital.

Menurutnya, konsolidasi organisasi merupakan faktor penting untuk penguatan kelembagaan dan kaderisasi kepemimpinan pemuda di daerah.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Provinsi Sultra, Alvin Akawijaya Putra, menyatakan bahwa daerahnya itu dianugerahi potensi sumber daya alam yang melimpah, untuk itu pemuda harus memiliki kemampuan dan kreativitas mengelola semua potensi yang ada.

Karena itu, menciptakan entrepreneur muda merupakan keharusan dan tanggung jawab bersama dalam mengelola potensi yang ada, agar memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak termasuk masyarakat Sulawesi Tenggara.

Acara KNPI Awards juga mengumumkan beberapa tokoh salah satunya Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, sebagai nominator tokoh inspiratif pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya