Prakiraan Cuaca Indonesia Rabu 16 November 2022: Hujan Petir Bakal Guyur Tiga Kota Ini

Potret aktivitas di Jalan Trikora Wosi Manokwari di tengah hujan deras dan petir, Selasa, 13 April 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Hans Arnold Kapisa

VIVA Nasional – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejumlah kota di Indonesia ini berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Dikutip dari situs BMKG, pada Rabu 16 November 2022, terdapat potensi hujan petir di kota Mataram, Kupang dan Padang pada Rabu siang hari. Kemudian, hujan sedang di kota Yogyakarta, Gorontalo, dan Bandung.

Sedangkan, pada Rabu siang hujan ringan diperkirakan bakal mengguyur Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Jambi, Semarang, Surabaya Pontianak, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Ambon, Ternate, Pekanbaru, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado dan Medan.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Baca juga: Bahas G20, PM Kanada dan Inggris Asyik Ngebir Bareng di Kafe Bali

BMKG mengemukakan, sirkulasi siklonik terpantau di Laut Sulawesi, di Laut Natuna, di perairan utara Maluku Utara - Papua dan Papua bag tengah.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Sirkulasi tersebut membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Maluku dan dari Maluku hingga Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Maluku, Maluku Utara dan di perairan utara Papua Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, di NTB, di NTT, dan di Sulawesi bag tengah. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Erupsi Gunung Taal Filipina dihujani petir.

Photo :
  • Repro Video.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprakirakan pada Rabu siang seluruh wilayah di DKI Jakarta bakal diguyur hujan ringan, kecuali wilayah Kepulauan Seribu yang akan berawan.

Sementara pada malam hari, DKI Jakarta bakal diguyur hujan ringan hingga hujan petir, seperti di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan diguyur hujan petir. Sementara Jakarta Selatan dan Timur akan hujan ringan.

Adapun untuk suhu rata-rata hari ini diperkirakan berada di antara 23 derajat hingga 28 derajat celsius. Sementara, untuk kelembapan udara, rata-rata di Ibu Kota Jakarta diperkirakan 80 hingga 100 persen.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat pada dini hari hingga pagi hari,” bunyi peringatan dini BMKG

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya