Suasana Menegangkan Proses Evakuasi Penumpang KM Mutiara I yang Terbakar

Proses evakuasi penumpang KM Mutiara I yang terbakar
Sumber :
  • Dok. Basarnas

VIVA Nasional - Badan SAR Nasional mengerahkan empat kapal dalam evakuasi ratusan penumpang KM Mutiara Timur I yang terbakar. Penumpang yang berada di kapal yang terbakar itu, dipindahkan ke Kapal milik TNI Angkatan Laut dengan menggunakan perahu karet oleh Basarnas.

4 Killed Over Floods, Landslides in West Bandung

"Alut yang digunakan satu unit KN SAR Arjuna 229, satu unit RIB 03 Pos SAR Karangasem, satu unit RIB 02 Nusa Penida, dan palsar air," ujar Humas Basarnas, Albert Wenno kepada wartawan, Rabu 16 November 2022.

KM Mutiara Timur 1 terbakar

Photo :
  • Antara
Polisi Temukan 2 Mayat Pekerja Konstruksi Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore

Kapal dinahkodai kapten William. Dimana rutenya Ketapang-Lembar. Butuh kurang lebih 56 menit Basarnas tiba ke lokasi. Puluhan personel dikerahkan dalam proses evakuasi ini. "Kebakaran di Kapal Mutiara Timur I, pada koordinat 08°20'298"S - 115° 41'641"E," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, KM Mutiara Timur I terbakar, Rabu 16 November 2022. Kebakaran terjadi di Selat Lombok. Kapal itu membawa penumpang ratusan orang. Jumlahnya diperkirakan ada 236 orang. Albert menambahkan, Basarnas masih melakukan operasi SAR.

Cegah Lonjakan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran, AP II Operasikan East Flyover di Bandara Soetta

Diketahui, Dikutip dari berbagai sumber Selat Lombok adalah sebuah selat yang menghubungkan Laut Jawa dengan Samudra Hindia. Selat ini terletak di antara pulau Bali dan Lombok yang berada di negara Indonesia.

Titik terpanjangnya terletak di pembukaan pada bagian selatan, dengan lebar hanya 18 km, tetapi pada pembukaan utara sepanjang 40 km. Total panjangnya ialah sekitar 60 km.

Proses evakuasi penumpang KM Mutiara I yang terbakar

Photo :
  • Dok. Basarnas

Selat Lombok terkenal sebagai salah satu lintasan utama throughflow Indonesia di mana terjadi pertukaran air antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Hal ini menandakan lintasan divisi biogeografikal antara fauna Indo-Malaysia dan jenis fauna yang sangat berbeda yaitu Australasia yang dikenal sebagai Garis Wallace, dinamakan berdasarkan Alfred Russel Wallace yang pertama kali berpendapat tentang perbedaan ayng mencolok antara dua mayoritas biomes di wilayah itu. Ketika level permukaan laut turun pada zaman es Pleistocene, Bali terhubung oleh Sumatra dan daratan Asia sehingga mempunyai fauna Asia yang sama. Namun dalamnya perairan tersebut menyebabkan Lombok dan Kepulauan Sunda Kecil tetap terasingkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya