Bareskrim Kantongi Nama Tersangka Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Brigjen Pipit Rismanto
Sumber :
  • Humas Polri

VIVA Nasional – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri telah menyelesaikan gelar perkara penyidikan kasus gagal ginjal akut pada anak. Hasil dari gelar perkara tersebut akan diumumkan dalam waktu dekat.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

"Sudah selesai gelar perkara hari ini dan segera diumumkan," ujar Dirtipidter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Pipit Rismanto saat dihubungi wartawan, Rabu, 16 November 2022.

Ilustrasi Polisi memasang pamflet dan stiker di apotek terkait peringatan obat sirup

Photo :
  • VIVA/Sherly
Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Pipit mengatakan pihaknya sudah mengantongi nama tersangka dalam kasus gagal ginjal akut ini. Kendati begitu, pengumuman tersangka masih menunggu koordinasi dengan pimpinan Polri. "Segera mungkin (diumumkan). Kita buat laporan dulu ke pimpinan, mudah-mudahan besok," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus gagal ginjal progresif atipikal (GGPA) pada anak. Gelar perkara ini dilakukan dalam rangka menentukan tersangka di balik kasus tersebut.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

"Mungkin paling lambat Rabu, melakukan gelar perkara. (Gelar perkara) iya untuk penetapan tersangka," ujar Brigjen Pipit, Selasa, 15 November 2022.

Sejauh ini, sejumlah pihak telah dimintai keterangan dalam penyelidikan kasus gagal ginjal akut ini. Mulai dari empat pegawai BPOM hingga ahli pidana.

Ilustrasi obat sirup

Photo :
  • VIVA/ David Rorimpandey

Pipit menjelaskan, keempat pegawai BPOM itu dimintai klarifikasi terkait bidang pekerjaannya terutama dalam pengawasan obat sirop yang diduga menjadi pemicu kasus gagal ginjal pada anak.

"Kemarin itu mereka sudah menjelaskan tentang job description masing-masing ya, di bidang pengawasan tugasnya apa, ngapain aja," tuturnya.

Kemudian, penyidik turut memeriksa Direktur PT Universal Pharmaceutical Industries (Unipharma), Boedjono Muliadi hari ini, Kamis, 10 November 2022. Petinggi PT Unipharma itu dimintai keterangan terkait bahan baku obat sirop yang mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). 

Satu perusahaan lainnya juga ikut diperiksa mengenai kasus gagal ginjal akut ini, yakni PT Afi Farma. Diketahui, ada 28 saksi dari PT Afi Farma yang dimintai keterangan.

Konferensi pers BPOM terkait obat sirup yang mengandung EG dan DEG

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama (Serang)

Dalam penyelidikannya, perusahaan farmasi ini diduga memproduksi obat sirup dengan kandungan etilen glikol (EG) yang melebihi ambang batas. Hal tersebut terungkap setelah produk PT Afi Farma diuji laboratorium oleh BPOM. Selain itu, tiga gudang milik PT Afi Farma juga turut digeledah penyidik.

Kasus gagal ginjal yang menyeret PT Afi Farma sendiri sudah ditingkatkan statusnya dari penyelidikan menjadi penyidikan.

"PT Afi Farma yang diduga memproduksi sediaan farmasi jenis obat sirup merek paracetamol (obat generik) yang mengandung EG melebihi ambang batas yaitu 236,39 mg (yang harusnya 0,1 mg) setelah di uji lab oleh BPOM," ujar Pipit saat dikonfirmasi, Selasa 1 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya