Jokowi dan Iriana Berangkat ke Thailand, Hadiri KTT APEC

Presiden Jokowi dan Iriana
Sumber :
  • Twitter @setkabgoid

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Bangkok, Thailand, melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Kamis, 17 November 2022. Keberangkatannya ke Thailand itu bertujuan untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) tahun 2022.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

"Hari ini, saya dengan Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat menuju Bangkok, Thailand. Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT APEC hingga besok Jumat tanggal 18 November 2022," ujar Presiden dalam keterangannya sebelum lepas landas.

Presiden Jokowi bersama Kepala BIN Budi Gunawan di Bandara I gusti Ngurah Rai

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

KTT APEC merupakan rangkaian terakhir KTT setelah ASEAN di Kamboja dan G20 di Bali, Indonesia. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan, fokus utama Indonesia dalam KTT APEC adalah mendorong pemulihan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Prinsipnya, leave no one behind. Transformasi digital, ekonomi hijau, dan hilirisasi menjadi prioritas Indonesia di APEC tahun ini," jelasnya.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Menurut Kepala Negara, APEC mewakili hampir 3 miliar penduduk dunia dan 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB/GDP) dunia. "APEC harus terus menjadi mesin pertumbuhan ekonomi di Asia Pasifik," imbuhnya.

Presiden dan Iriana akan segera kembali ke Tanah Air setelah KTT APEC selesai pada Jumat, 18 November 2022. "Saya akan kembali ke Indonesia, insya Allah, tanggal 18 November malam," ujarnya.

Presiden Jokowi di KTT Informal APEC 2021 Secara Virtual

Photo :
  • Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Iriana dalam penerbangan menuju Thailand antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Tampak melepas keberangkatan Presiden antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Gubernur Bali I Wayan Koster, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Kapolda Bali Putu Jayan Danu Putra, dan Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya