Wishnutama Sosok Di Balik Layar Megahnya Gala Dinner KTT G20 Bali, Suguhkan Ragam Budaya Indonesia

Welcoming Dinner KTT G20 di GWK Bali.
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Acara jamuan makan malam pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) jadi salah satu sorotan pada forum tersebut, selain rapat membahas isu global.
Dibalik megahnya acara Gala Dinner tersebut, ada sosok hebat yang bekerja keras dalam mendesain jamuan tersebut. Ia adalah Wishnutama Kusubandio.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Wishnutama mengepalai tim panggung budaya pada jamuan makan malam di KTT G20 GWK, Bali yang digelar pada 15 November 2022 malam. Dia berhasil menyulap Lotus Pond di GWK menjadi panggung megah yang menampilkan keberagaman dan keindahan budaya serta alam Indonesia.

Wishnutama saat bertemu dengan PM AS dan PM India

Photo :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden
Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

“Kadang-kadang yang menempel (berkesan) adalah yang artistik, yang sifatnya kreatif,” kata Wishnutama dalam video yang disiarkan di media sosial Sekretariat Presiden dikutip dari ANTARA.

Kesempatan menyelenggarakan KTT G20, yang mungkin baru bisa terulang 20 tahun lagi, digunakan oleh Indonesia untuk memperkenalkan ragamnya budaya Tanah Air. 

Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

Atraksi budaya di GWK pada Selasa 15 November malam dikemas dalam perpaduan unsur tradisional dan modern. Baik untuk tarian dan busana yang dikenakan para penampil, maupun aransemen musik.

“Ada juga pop culture di situ, berbagai macam elemen yang kuat di Indonesia kita coba suguhkan,” ujar Wishnutama.

Tujuan dari penyelenggaraan panggung budaya saat makan malam itu tidak hanya menghibur para kepala negara, pemerintahan dan organisasi internasional, akan tetapi juga supaya mereka terkesan dengan Indonesia dengan segala keindahan dan keberagamannya.

Makan malam dan panggung budaya KTT G20 diadakan di Lotus Pond, taman terbuka dengan pemandangan langsung ke patung besar Garuda Wisnu Kencana. Seluruh elemen yang ada di Lotus Pond dimanfaatkan sebagai panggung untuk memperkenalkan Indonesia kepada audiens mancanegara.

Tebing di sekeliling Lotus Pond digunakan sebagai layar, penonton bisa melihat proyeksi video tentang Indonesia di tebing. 

Tantangan menyulap panggung Gala Dinner KTT G20 Bali

Welcoming Dinner KTT G20 di GWK Bali.

Photo :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Wishnutama mengatakan, tantangan untuk menyulap Lotus Pond sebagai panggung sangat besar. Faktor yang sangat harus dicermati adalah cuaca karena acara diadakan di luar ruangan.

Selain cuaca, panitia juga harus memastikan kreativitas yang mereka tampilkan melalui tebing-tebing di Lotus Pond juga aman.

Sebagai informasi, penyelenggaraan rangkaian KTT G20 di Nusa Dua, Bali telah berakhir. Indonesia resmi menyerahkan Presidensi G20 kepada India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya