Polri Akan Tangkap Pengacara Susno Duadji

Susno Duadji Penuhi Panggilan Propam Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mabes Polri telah melayangkan panggilan kepada mantan pengacara Susno Duadji, Johny Situwanda sebagai tersangka pemberian gratifikasi. Jika panggilan itu tidak dipenuhi, Mabes Polri akan menangkap Johny Situwanda.

Demikian disampaikan oleh Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Zainuri Lubis di Mabes Polri, Jakarta, Senin 31 Mei 2010. "Kalau untuk tersangka tidak perlu dipanggil dua kali," kata Zainuri. "Kalau tidak diindahkan, maka minggu ini akan segera dilakukan penangkapan."

Sebagaimana diketahui, Johny dua kali mangkir dari panggilan penyidik Mabes Polri. Johny mangkir pada panggilan pertama sebagai saksi pada 19 Mei, dan kedua kalinya dia mangkir pada 24 Mei. Hingga pada akhirnya Johny ditetapkan sebagai tersangka.

Johny diduga memberikan suap dan gratifikasi kepada Kapolda Jabar yang saat itu dijabat oleh Susno Duadji.

Pengakuan Chandrika Chika ke Ibunya: Gak Tau Vape yang Dihisap Ada Narkobanya

Gratifikasi itu diduga diberikan pada tahun 2008 pada penanganan sengketa kepemilikan lahan seluas 62 hektar di Lembang, Bandung, antara PT Baru Adjak dengan mitra usahanya, PT Bintang Mentari Perkasa. Dimana Johny Situwanda bertindak sebagai pengacara PT Bintang Mentari Perkasa.

Menanggapi pernyataan Mabes ini, Tedja Sugianto selaku pengacara Johny Situwanda,  mengatakan kliennya tidak bermaksud mangkir dari panggilan Mabes Polri.

"Klien kami berprofesi sebagai advokat, dan saat ini sedang menjalankan profesinya di luar negeri," kata Sutedja Sugianto di Jakarta.

Atas ketidakhadiran pada panggilan pertama, lanjut Sutedja, tim pengacara telah berupaya memberitahukannya kepada penyidik Polri. Demikian juga pada panggilan kedua, tim pengacara Johny juga membuat pemberitahuan pada penyidik Polri dan berjanji akan menghadirkan kliennya setelah berada di Indonesia. "Tapi, keesokan harinya penyidik Tim Independen malah menerbitkan surat perintah penggeledahan," kata dia.

Penggeledahan ini dilakukan pada 25 Mei 2010 di kantor dan rumah tempat tinggal Johnny. Kliennya sempat mengirim surat resmi kepada Tim Independen berisi janji akan memenuhi panggilan Tim Independen pada Bulan Juni 2010.

"Akan tetapi selang beberapa jam dari diterimasurat klien kami tersebut, Tim Independen berpendapat lain dan justru meningkatkan status klien kami sebagai tersangka," kata dia. (hs)

Tersangka kasus narkoba bareng Selebgram Chandrika Chika

Polisi Ungkap Alasan Chandrika Chika Konsumsi Ganja: Bukan Doping Tapi Circle Pergaulan

Selebgram Chandrika Chika ditangkap bersama 5 orang temannya terkait kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024