Jokowi Beri Tugas Baru ke Erick Thohir, Rano Karno: Figur Bertangan Dingin

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Nasional - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan tugas baru ke Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Erick diberi tugas menyiapkan RI bisa jadi tuan rumah Olimpiade 2036 yang diproyeksikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini

Menurut Anggota Komisi X DPR Rano Karno, sosok Erick Thohir sebagai figur profesional dalam menjaga kepentingan nasional. Bagi dia, Erick bisa mempertahankan peran penting Indonesia di dunia internasional.

"Figur pengampu yang berpengalaman, profesional, dan bertangan dingin dalam menjaga kepentingan nasional sekaligus mempertahankan peran penting Indonesia di dunia internasional jelas sangat dibutuhkan," kata Rano, dalam keterangannya, Kamis, 17 November 2022.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Anggota DPR Rano Karno.

Photo :
  • Istimewa

Pun, politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu menilai dengan keinginan Jokowi agar RI bisa jadi tuan rumah olimpiade di IKN memperlihatkan ada pembangunan berkelanjutan.

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

Dia menyebut dengan kapasitasnya, Erick Thohir saat ini juga bagian anggota International Olympic Committee (IOC). Dengan demikian, pengusaha nasional itu dianggap mampu  berpengalaman dalam menyelenggarakan event olahraga internasional.

Meski demikian, tantangan yang diberikan ke Erick itu perlu dukungan dan keterlibatan dari berbagai pihak. "Yang mampu menjaga kesinambungan pembangunan usai Presiden Jokowi menuntaskan masa kerjanya pada 2024," tutur eks Gubernur Banten tersebut.

Lebih lanjut, dengan posisi Erick Thohir sebagai anggota IOC akan punya peranan strategis untuk kesiapan RI sebagai tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade bisa terselenggara dengan baik.

"Sekaligus memastikan kesinambungan pembangunan yang telah dirintis Presiden Jokowi," kata Rano.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Sebelumnya, Erick dapat amanat dari Presiden Jokowi. Tugas dari Jokowi ke Erick agar menyiapkan gelaran Olimpiade 2036 yang direncanakan digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi mengatakan demikian saat di depan para kepala negara anggota G20 soal kans RI jadi tuan rumah Olimpiade. Adapun sosok Erick karena rekam jejak pengalaman dan juga menjabat sebagai anggota dari IOC.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Bali, Rabu, 16 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya