DPR: Semua Kepala Staf Pantas Jadi Panglima TNI, Termasuk Jenderal Dudung

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Sumber :
  • Instagram @dudung_abdurachman

VIVA Nasional - Anggota Komisi I DPR, Sukamta, menilai Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman memenuhi syarat untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan pensiun.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Semua Kepala Staf Angkatan Pantas

“Kalau siapa yang pantas jadi panglima, semua Kepala Staf Angkatan memenuhi dan pantas (termasuk Jenderal Dudung),” ujar Sukamta saat dihubungi wartawan, Kamis, 17 November 2022.

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal Dudung Abdurrachman.

Photo :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

Hak Prerogatif Presiden

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Meskipun demikian, ia menyebut pemilihan calon pengganti Jenderal Andika adalah wewenang dan hak prerogatif presiden. Jokowi bisa memilih calon Panglima TNI dari kesatuan yang diinginkannya.

Tidak Harus Bergiliran

Dengan demikian, calon yang diinginkan Jokowi menjadi Panglima TNI tidak harus bergantian atau bergiliran dari kesatuan seperti AL, AD dan AU.

“Tergantung presiden saja,” katanya lagi.

Panglima TNI Jenderal Andika dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman

Photo :
  • YouTube Jahril Ajen Akmil

Rekam Jejak Bersih

Sukamta menilai Jokowi akan memilih sosok calon Panglima TNI yang rekam jejaknya bersih, berintegritas, memiliki kapasitas dan kapabilitas. Alasannya, sosok yang demikian dianggap mampu menjaga keamanan dan pertahanan Indonesia.

Berharap Surpres Segera Dikirim

Ia pun berharap TNI tetap teguh menjadi alat negara dalam menjaga NKRI dari semua ancaman. Politikus PKS itu menambahkan hingga saat ini Komisi I DPR belum menerima surat presiden (surpres) terkait calon pengganti Jenderal Andika.

"Kita berharap segera dikirim karena masa tugas Pak Jenderal Andika tinggal beberapa hari,” kata Sukamta.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan hingga per Selasa, 8 November 2022, pihaknya belum menerima surat presiden atau surpres dari Presiden Jokowi terkait calon Panglima TNI. Saat ini, usia Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sudah mencapai 57 tahun dan akan purna tugas pada 21 Desember 2022 nanti.

Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Panglima TNI

Sementara itu, Presiden Jokowi mengaku sudah mengantongi nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. Jokowi akan segera memilih satu dari tiga nama yaitu Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Sebagai informasi, Andika Perkasa menjadi Panglima TNI pasca dilantik Presiden Joko Widodo pada 17 November 2021 lalu. Andika menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dari kabar yang beredar, antara KSAD Dudung dan KSAL Yudo Margono digadang-gadang jadi calon kuat pengganti Andika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya