Jokowi Rela Tinggalkan KTT APEC Demi Hadiri Muktamar Muhammadiyah

Presiden Jokowi menghadiri Muktamar Muhammadiyah ke-48 Solo
Sumber :
  • Youtube Setpres

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) rela meninggalkan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2022, yang berlangsung di Bangkok, Thailand, untuk hadir dalam Peresmian Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, di Solo, pada Sabtu, 19 November 2022.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Pada sambutannya dalam acara tersebut, Jokowi mengatakan bahwa dia pamit pulang terlebih dahulu dari Bangkok, untuk dapat menghadiri peresmian acara Muhammadiyah itu.

"Seharusnya KTT APEC baru selesai sore hari ini, tetapi karena hormat saya, respect saya, terhadap undangan dari persemian pembukaan Muhammadiyah, dan Aisyiyah maka saya pulang duluan. Mendahului pemimpin-pemimpin yang lain supaya bisa berjumpa dengan bapak ibu semuanya," kata Jokowi melalui siaran Youtube Sekretariat Presiden.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Presiden Jokowi menghadiri Muktamar Muhammadiyah ke-48 Solo

Photo :
  • Youtube Setpres

Jokowi juga menambahkan mengenai jadwalnya yang begitu padat di luar dan dalam negeri akhir-akhir ini. 

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Setelah di kamboja empat hari, kemudian langsung ke bali karena KTT G20 selama tiga hari, dan dua hari yang lalu terbang ke Bangkok Thailand dua hari, tadi malam saya masih berada di Bangkok, dan sampai di kota Solo jam 11.00 malam," tambahnya.

Ratusan ribu muktamirin dan penggembira tampak menghadiri acara pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah ke Stadion Manahan, Solo. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membuka secara resmi muktamar tersebut.

Pantauan VIVA, para muktamirin telah berdatangan ke komplek Stadion Manahan Solo sejak Subuh. Meskipun diiringi hujan gerimis tidak menyurutkan para peserta maupun penggembira untuk hadir di lokasi pembukaan muktamar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya