Prakiraan Cuaca 20 November 2022: Waspada Jakarta Angin Kencang, Bali Banjir

Ilustrasi Cuaca mendung Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA Nasional - Cuaca di sebagian wilayah Tanah Air diprediksi akan berpotensi hujan disertai kilat petir pada Minggu, 20 November 2022. Mulai Bali, Aceh, hingga Jambi diprediksi akan diguyur hujan.

Korban Banjir Bandang Brasil Bertambah Menjadi 83 Orang

Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi hujan lebat disertai kilat petir akan terjadi di daerah berjuluk Serambi Mekah. Wilayah itu antara lain Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Nagan Raya, dan Aceh Jaya.

Pun, dari Bangka Belitung juga demikian berpotensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang. Hujan diprediksi turun pada siang, malam, dan dini hari. Beberapa wilayah itu yakni Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, dan Bangka Barat.

Banjir Bandang di Brasil, Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Atap Rumah dan Apartemen

Lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi padat, cuaca hujan.

Photo :
  • @white_aquariesz

Kemudian, Bengkulu diprediksi BMKG juga sama dengan hujan yang disertai intensitas sedang hingga lebat. Guyuran hujan itu terjadi di Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah.

Ratusan Hektare Sawah di Bombana Sultra Gagal Panen akibat Banjir, Pemkab Minta Bantuan Pusat

Hujan lebat disertai angin kilat petir juga akan turun di provinsi Gorontalo. Wilayah di Gorontalo itu antara lain Sumawa, Bone Raya, Batudaa, Limnboto, Kabila Bone, hingga Pinogu.

Untuk Banten diprediksi BMKG dengan waspada angin kencang di Serang dan Cilegon. Lalu, Ibu Kota Jakarta juga berpotensi angin kencang saat sore jelang malam seperti di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

BPBD Bali mengevakuasi wisatawan yang terjebak banjir di Badung, Bali

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Potensi hujan yang disertai kilat petir dan angin kencang berdurasi singkat juga terjadi di sebagian wilayah Bali. Potensi banjir juga mungkin terjadi di Bali bagian utara.

Di Jawa Barat waspada potensi hujan kilat petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari. Wilayah itu antara lain Kabupatan Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Garut, Kota Cimahi, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Banjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya