Polisi Evakuasi Ibu dan Balita yang Tertimbun Reruntuhan Akibat Gempa Cianjur

Rumah warga rusak akibat gempa yang melanda Cianjur.
Sumber :
  • Dok. BNPB.

VIVA Nasional – Polisi mengevakuasi seorang ibu dan anaknya yang masih balita di Cianjur, Jawa Barat. Ibu dan anak tersebut sempat tertimpa reruntuhan bangunan buntut gempa Cianjur, Senin, 21 November 2022.

Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

"Ada yang tertimbun, kami evkauasi perempuan dan balita," ujar Kapolres Cianjur, Ajun Komisaris Besar Polisi Doni Hermawan kepada wartawan, Senin, 21 November 2022.

Menurut Doni, ibu dan anak itu berhasil dievakuasi dengan selamat. Secara kasat mata, mereka nampak tidak mengalami luka. Namun, mereka tetap dilarikan ke rumah sakit guna pertolongan. Kondisi ibu dan anak ini disebut masih shock.

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Ibu di Halmahera Barat Naik Status Jadi Siaga

Rumah warga rusak akibat gempa yang melanda Cianjur.

Photo :
  • Dok. BNPB.

"Kondisi masih baik, memang tertimpa reruntuhan. Masih shock, mudah-mudahan tidak ada yang patah," katanya.

KKP Terjunkan Kapal Pengawas Bantu Evakuasi Pengungsi Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Pihaknya terus melakukan evakuasi karena dapat laporan dari warga ada yang tertimbun. Dia belum bisa merinci jumlah korban luka dan jiwa. Proses pencarian masih dilakukan. Dalam proses evakuasi tersebut, pihaknya mendapati ada satu orang meregang nyawa.

"Korban luka dibawa ke beberapa RS rujukan. Yang luka-luka ringan juga masih kami data yang luka-luka akibat gempa," katanya.

Diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, 21 November 2022, pukul 13.21 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, dengan kedalaman 10 km.

Gempa yang getarannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya