Misteri Siapa Pengirim Uang Rp 30 Juta dari Rekening Ricky Rizal ke Anak Sambo

Bripka Ricky Rizal
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Pengacara terdakwa Ricky Rizal, Zena Dinda Defega membenarkan adanya transaksi dari rekening kliennya ke rekening anak Ferdy Sambo, Trisha Eungelica Ardyadan.

Kinclong Sepanjang Hari, Nilai Transaksi Perdagangan Saham BUMI Capai Rp 412 miliar

Kata Zena, transaksi sebesar Rp30 juta itu benar terjadi pada 12 Agustus 2022 lalu. Namun, Ricky Rizal tidak tahu menahu proses transaksi tersebut karena sejak tanggal 7 Agustus 2022 sudah menjalani penahanan.

"Betul Rp30 juta, tapi Ricky Rizal tidak mengetahui jelasnya karena tanggal 7 Agustus 2022, dia sudah ditahan," ujar Zena saat dikonfirmasi wartawan, Senin, 21 November 2022.

Ekspansi Bisnis, Bos MD Pictures Jual Saham FILM Raup Rp 1,25 Triliun

Sidang Perdana Bripka Ricky Rizal di PN Jaksel

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Zena mengatakan transaksi tersebut tidak dilakukan Ricky Rizal lantaran handphone kliennya berada di tangan Putri Candrawathi. Ia pun menduga bahwa Putri Candrawathi yang melakukan transaksi dari rekening Ricky Rizal ke rekening Trisha.

Lebih Meriah, PEVS 2024 Bakal Tampilkan 82 Merek Otomotif

"Bukan (dilakukan Ricky Rizal), karena hp operasional itu sudah sama Ibu PC yang pegang dari sebelum RR ditahan. (Diduga yang transaksi Ibu PC?) Iya," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, pegawai bank, Anita Amalia Dwi Agustin mengungkap fakta-fakta baru seputar transaksi yang dilakukan melalui rekening terdakwa Ricky Rizal. 

Kata Anita, terdapat transaksi lain yang dilakukan melalui rekening Ricky Rizal satu bulan setelah peristiwa penembakan Brigadir Yosua. Transaksi itu dilakukan pada 12 Agustus 2022 ke rekening anak Ferdy Sambo, Trisha Eungelica Ardyadan.

"Kalau dari periode 7-11 Agustus 2022, bisa dijelaskan transaksinya?" tanya penasihat hukum Ricky Rizal, Senin, 21 November 2022.

"Tanggal 7 Agustus tidak ada transaksi. Lalu, ada transaksi lagi tanggal 12 Agustus itu pemindahan ke rekening 446266340 atas nama saudara Tris (Trisha Eungelica Ardyadan)," jawab Anita.

Bripka Ricky Rizal saat di Kejagung

Photo :
  • Dokumentasi Kejagung

Kemudian, penasihat hukum Ricky Rizal yang lain menanyakan ada tidaknya transaksi lain dari rekening Ricky Rizal ke oknum lain. Namun, pertanyaan tersebut diselak majelis hakim dengan menanyakan nominal uang yang ditransfer ke Trisha.

"Selanjutnya ada mutasi rekening kepada pelaku lain enggak? Contoh kepada oknum a, b, c?" tanya penasihat hukum Ricky Rizal.

"Tadi sudah disebutkan ke saudara Trish, Rp10 juta betul ya?" kata majelis hakim yang memotong pertanyaan dari penasihat hukum Ricky Rizal.

"Rp 30 juta," tegas Anita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya