Jelang Pospenas IX, Kemenag RI Lepas Kirab Obor Dari Mrapen

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Melepas Kirab Obor Pospenas IX
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, akan menggelar Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX Tahun 2022, di Kota Surakarta 23-27 November 2022. Sebelum acara tersebut dimulai, Kementerian Agama terlebih dahulu melakukan Kirab obor pada hari ini Senin 21 November 2022.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Kirab Obor mengambil titik start dari Api Abadi Mrapen, di desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah hari ini pukul 07.00 WIB. Api yang diambil secara simbolik dari Mrapen, Grobogan ini kemudian dilepas untuk diarak menuju Solo.

Ilustrasi olahraga lari di Riau.

Photo :
  • VIVAnews/Bambang Irawan
TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Pelepasan api Pospenas ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin bersama Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Waryono Abdul Ghafur. Setelah dilepas, api yang menyala di obor ini kemudian diterima pelari yang akan membawanya menuju Surakarta. 

Dalam kirab ini, obor yang menyala dibawa oleh dua pelari yang didampingi dua pelari cadangan dan empat pembawa bendera.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung, Pemudik Diimbau Kooperatif Ikuti Arahan Petugas

Peserta pawai ini akan melibatkan antar instansi, selain Kemenag ada Kemenko PMK, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemrov Jawa Tengah, dan masyarakat pondok pesantren.

Rute yang ditempuh menujuu Solo akan singgah di dua pondok pesantren legendaris, yakni Ponpes Girikesumo, Mranggen, Demak dan Pondok Pesantren Al Mas’udiyah, Jimbaran, Bandungan, Ungaran, Semarang. Di

Dari Bandungan, Kabupaten Semarang, rombongan baru melanjutkan perjalanan ke Surakarta esoknya. Menurut rencana, rombongan pawai obor ini akan diterima oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Surakarta, Selasa 22 November 2022.

Pospenas sendiri, menurut rencana akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 November 2022, di Stadion Manahan, Kota Surakarta. Acara ini mengambil tema "Gerak Santri, Bangkit Negeri". Hal ini dikaitkan dengan salah satu tujuan digelarnya acara ini, yaitu memupuk persatuan, persahabatan, persaudaraan antar santri. 

Pekan Olahraga dan Seni Santri Nasional (Pospenas) 2016.

Photo :
  • VIVA.co.id / Yandi Deslatama (Serang)

Pospenas adalah salah satu media untuk meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi, yang diselenggarakan melalui kerjasama antar beberapa kementerian sesuai dengan nota kesepahaman antara Menteri Agama, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Pariwisata.

Wakil Gunernur Jawa Tengah, Taj Yasin berharap Pospenas dapat memberi motivasi bagi pesantren untuk berprestasi. "Semoga acara ini dapat memberi spirit kebaikan bagi santri seluruh Indonesia," kata Yasin, Senin 21 November 2022.

Direktur Pendidikan Diniyah Kemenag RI, Waryono Abdul Ghafur mengatakan, negara berhutang kepada pesantren yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam perjuangan kemerdekaan dan menjadi bagian pentinggral dari sistem pendidikan nasional yang mencerdaskan bangsa selama ini.

"Pesantren adalah elemen penting dalam sistem pendidikan nasional dan menjadi perekat persatuan bangsa," katanya. 

Keberadaan pesantren, lanjut waryono, telah menjadi agen moderasi beragama yang menjaga stabilitas nasional dalam keberagaman dan keberagamaan. Maka dari itu sudah sewajarnya pemerintah memberikan ajang nasional yang dapat memicu prestasi pesantren di segala bidang.

"Keberadaan Pospenas ini mengandung unsur ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah basyariah. Yaitu menjaga kemanusiaan, keislaman, dan keindonesiaan" ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya