Ganjar Pranowo Klaim Hampir Semua Daerah di Jawa Tengah Punya Mal Pelayanan Publik

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbincang-bincang dengan beberapa aparatur pemerintah, Selasa, 22 November 2022, di sela-sela membuka Mal Pelayanan Publik (MPP) baru di wilayahnya, yakni di Kabupaten Klaten.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

VIVA Nasional – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa, 22 November 2022, membuka Mal Pelayanan Publik (MPP) baru di wilayahnya. Kali ini di Kabupaten Klaten yang merupakan MPP ke-19. Sebanyak 25 instansi dengan total 140 jenis pelayanan bisa dimanfaatkan dalam satu gedung oleh masyarakat Klaten.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Ganjar mengatakan, keberadaan Mal Pelayanan Publik menunjukkan komitmen pemerintah daerah agar layanannya lebih cepat dan terintegrasi. Ia mencontohkan, sempat bertemu warga Klaten yang sedang membayar pajak kendaraan dan mengurus perizinan. Warga yang mengurus perizinan sempat terkendala karena alamat KTP-nya telah berpindah, tapi bisa diselesaikan tanpa perlu pindah gedung.

“Jadi, prosesnya seperti apa, bayarannya berapa, dan semua bisa ditampilkan sehingga masyarakat bisa tahu,” katanya.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Kelebihan MPP di Kalten, katanya, disatukan dengan taman kuliner, sehingga warga yang ke MPP sekaligus dapat menikmati aneka menu kuliner. Juga ada fasilitas pendukung seperti gedung yang ramah bagi disabilitas dan ketersediaan ruang laktasi.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Ganjar menambahkan, hampir seluruh daerah kini memiliki MPP. Ia mendorong keberadaan MPP ini untuk memudahkan dan maksimal dalam melayani masyarakat.

“Sudah hampir semua, tapi belum semua, saya lupa angkanya. Kita mendorong seluruh kabupaten/kota punya agar layanannya lebih cepat,” katanya.

Sekurang-kurangnya ada 19 MPP di Jawa Tengah, di antaranya MPP Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, Sragen, Kota Surakarta, Karanganyar, Kota Salatiga, Kota Magelang, Kota Semarang, Kendal, Kudus, Jepara, Pati, Blora, Kebumen, Purworejo, Banyumas, Grobogan, dan Klaten.

Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya