LSI Denny JA: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Capai 74,2 persen

Presiden Jokowi blusukan ke Pasar Badung, Bali
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Hasil temuan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo mencapai 74,2 persen.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

"Publik puas dengan kinerja Jokowi. Tingkat kepuasan terhadap Jokowi berada di angka 74,2 persen," kata Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, publik selama ini juga merasa ekonomi Indonesia memiliki daya tahan karena peran Jokowi, di samping ada peran Menkeu Sri Mulyani dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Presiden Jokowi (kanan).

Photo :
  • Setkab

Ketika ditanyakan siapa yang paling bertanggung jawab sekaligus berjasa atas daya tahan ekonomi Indonesia, kata dia, masyarakat menjawab Presiden Jokowi sebesar 30,4 persen.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Di urutan kedua ada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dengan 22,7 persen dan posisi ketiga ada Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kendati demikian, kata Adjie, kepuasan terhadap Presiden Jokowi ini tidak mempengaruhi pilihan calon presiden (capres) di Pilpres 2024. "Publik juga merasa ekonomi memiliki daya tahan karena peran Jokowi. Tapi pilihan publik pada pasangan capres tak banyak dipengaruhi oleh Jokowi (di bawah dua persen)," tuturnya.

Dia pun menjelaskan mengapa dukungan Presiden Jokowi mempengaruhi elektabilitas pasangan capres hanya di bawah 2 persen, padahal publik puas dengan kinerja Jokowi.

Hal itu, kata Adjie, pilihan publik kepada calon pasangan capres nisbi otonom, tidak banyak dipengaruhi oleh endorsement (dukungan) tokoh manapun.

"Bahkan, untuk kasus perpanjangan pemilu atau Jokowi 3 periode, walau mayoritas publik puas pada kinerja Jokowi, mayoritas publik menolak Jokowi 3 periode dan perpanjangan pemilu," ucap Adjie.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Survei ini dilakukan oleh LSI Denny JA pada tanggal 10-19 Oktober 2022. Dengan menggunakan metodologi multistage random sampling. Ada sebanyak 1.200 responden yang diwawancara secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error dari survei ini sekitar ± 2,9 persen. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya