DPR: Surpres Calon Panglima TNI Dikirim 28 November

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar.
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Nasional – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad memastikan Surat Presiden (surpres) Joko Widodo (Jokowi) soal nama calon Panglima TNI, pengganti Jenderal Andika Perkasa yang mau pensiun tidak jadi dikirim Sekretariat Negara (Setneg) ke DPR hari ini Rabu, 23 November 2022.

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

“Sampai dengan sore ini surpres belum. Saya enggak dapat info kenapa hari ini enggak jadi,” kata Dasco di Gedung DPR pada Rabu, 23 November 2022.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden
Presiden dan Wakil Presiden Hadiri Pernikahan Putra Direktur Hukum LPS dengan Putri Ketua MPR

Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar menjelaskan sesuai kesepakatan antara Ketua DPR RI Puan Maharani dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno untuk surat Presiden tentang calon Panglima TNI dikirim pekan depan hari Senin, 28 November 2022.

“Ya kesepakatan di antara Ketua DPR dengan Pak Mensesneg itu akan disampaikan secara resmi pada tanggal 28 hari Senin besok sekitar jam 10.30 WIB,” jelas Indra saat dihubungi wartawan pada Rabu, 23 November 2022.

Cak Imin Blak-Blakan soal Maksud Posting Foto Bareng Dasco Gerindra

Menurut dia, surat Presiden tersebut tidak jadi dikirim hari ini karena Puan Maharani masih ada tugas ke luar negeri yakni memimpin delegasi Indonesia pada sidang parlemen di Kamboja. Sebab, palu sidang dari Kamboja kepada Indonesia sebagai Ketua Parlemen ASEAN untuk tahun depan akan diserahkan besok.

“Sama seperti keketuaan ASEAN yang kemarin Pak Jokowi. Indonesia juga menjadi keketuaan ASEAN itu untuk parleman Indonesia. Tahun depan kan menjadi tuan rumah AIPA ASEAN dilaksanakan di Indomesia. Palu sidang akan diserahkan besok sore. Itu berdasarkan aturan tidak menyalahi aturan-aturan yang ada,” ujarnya.

KSAD, KSAL, dan KSAU saat jeda sidang tahunan MPR/DPR, Selasa, 16 Agustus 2022.

Photo :
  • Istimewa.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengirimkan surat presiden (surpres) terkait pergantian panglima TNI kepada DPR RI di Jakarta. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. "Kami (Istana) sudah menghitung bahwa pada hari ini akan dikirim kepada DPR surpresnya," kata Pratikno di Istana Negara.

Menurut Pratikno, pengiriman surpres tersebut pada Rabu juga mempertimbangkan reses DPR yang akan dimulai dalam waktu dekat. Saat ditanya siapa nama calon panglima TNI yang diajukan Jokowi, Pratikno enggan menjawab. "Nanti kalau sudah diterima DPR, nanti dari DPR-lah yang menyampaikan," tambah Pratikno.

Dia menjelaskan calon panglima TNI bisa berasal dari tiga kepala staf matra TNI ataupun mantan kepala staf yang masih aktif sebagai anggota TNI. "Kalau calon panglima TNI pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan gitu aja, clue-nya itu," ujar Pratikno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya