Fakta-fakta Kepulauan Widi Maluku Utara yang Akan Dilelang Situs Asing

Kepulauan Widi, Maluku Utara, dilelang di situs asing
Sumber :
  • privateislandsonline.com

VIVA Nasional – Salah satu pulau di Indonesia yang dikenal sebagai Kepulauan Widi yang berada di di Desa Gane Luar, di Halmahera Selatan, Maluku Utara akan dilelang oleh situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, AS.  
 
Seperti apa keindahan Kepulauan Widi di Halmahera Selatan sehingga membuat situs lelang terkemuka di New York mengumumkan rencana penjualan pulau?  

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

Berikut fakta-fakta mengenai Kepulauan Widi di Halmahera Selatan:

1. Ekosistem Terumbu Karang

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Kepulauan Widi, Maluku Utara, dilelang di situs asing

Photo :
  • privateislandsonline.com

Terletak di Indonesia Timur, jauh di jantung segitiga terumbu Karang, Kepulauan Widi memiliki lebih dari 99 pulau kecil, tiga atol, dan dua gugus pulau, yang sebagian besarnya tidak berpenghuni. 

Dampak Pencopotan Pejabat Tak Sesuai Aturan, Kemendagri Blokir SIPD Pemprov Malut

Ketika air laut pasang, Anda akan melihat hamparan pasir putih halus dan pulau-pulau kecil itu saling tersambung menjadi kesatuan pulau.  yang saling menghubungkan satu pulau ke pulau yang lain. Keindahan bawah lautnya juga tidak ada duanya. 

Di pulau Widi, terumbu karang terpelihara secara alami dengan baik, pantainya privat, air laut dalam merupakan sumber air minum kaya nutrisi. Gugusan pulau ini adalah salah satu ekosistem terumbu karang paling utuh yang tersisa di bumi.

2. Rumah Bagi Spesies Langka

Kepulauan Widi, Halmahera Selatan Maluku Utara, dilelang di situs asing

Photo :
  • Antara/Dok. Kabupaten Halmahera Selatan

Gugusan Pulau Widi juga menjadi salah satu rumah bagi hewan dengan proporsi epik, rumah bagi ratusan spesies langka dan terancam punah termasuk Paus Biru, Hiu Paus, 600 spesies mamalia laut, ikan, burung, serangga langka, kadal, dan spesies lain yang belum ditemukan.

Burung-burung langka dan dilindungi saling berkicau bersahutan, termasuk burung maleo yang sangat jinak di kepulauan ini.

3. Danau Laut yang Menawan

Kepulauan Widi, Halmahera Selatan Maluku Utara, dilelang di situs asing

Photo :
  • privateislandsonline.com

Di salah satu pulau, pulau Dodawe Gane, terdapat 'danau laut' berwarna hijau tosca dikelilingi tumbuhan mangrove yang lebat di atas pasir putih yang menghampar mengelillingi pulau.  

Danau laut itu menjadi rumah bagi ikan dan terumbu karang, hutannya termasuk mangrove menjadi tempat hidup berbagai jenis satwa burung khas Halmahera. 

4. Ditawarkan untuk Dijual 

Kepulauan Widi, Maluku Utara, dilelang di situs asing

Photo :
  • privateislandsonline.com

Dengan keindahan alam yang luar biasa serta lokasinya yang sangat privat, gugusan pulau Widi menjadi salah satu properti paling menakjubkan di mana pun di bumi, sehingga membuat situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, menawarkan untuk melelang Kepulauan cantik di Indonesia timur tersebut.
 
CNN melaporkan, ada lebih dari 100 pulau di Kepulauan Widi, atau yang dalam pelelangan disebut Widi Reserve, yang tersebar di kawasan seluas 10.000 hektare, dikabarkan akan dijual kepada para miliarder.

Dalam laporannya, CNN menuliskan bahwa hukum Indonesia tidak mengizinkan kepemilikan pribadi atas pulau-pulau, namun saham dalam bisnis dengan hak pengembangan dapat dijual kepada siapa pun.

Pembelian Kepulauan Widi dapat dilakukan dengan cara mengakuisisi saham di PT Leadership Islands Indonesia (LII) -- sebagai perusahaan pemegang izin pengembangan wilayah Kepulauan Widi.  
 
PT LII telah menghabiskan beberapa tahun dengan hati-hati dalam merencanakan, merancang, dan melisensikan salah satu pengembangan resor dan residensi mewah, namun diklaim ramah terhadap lingkungan.

5. Bantah Dijual

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menegaskan gugusan pulau atau Kepulauan Widi yang terletak di Halmahera Selatan, Maluku Utara, tidak dijual atau dimiliki pihak manapun.

Penegasan itu disampaikan Jodi dalam keterangan di Jakarta, Kamis, menyusul pemberitaan di beberapa media yang menyebut bahwa gugusan pulau tersebut telah dilelang di sebuah situs lelang asing.

Jodi menegaskan dalam peraturan perundangan di Indonesia tegas menyatakan bahwa pulau-pulau kecil tidak bisa dimiliki oleh pihak mana pun secara utuh, namun pengelolaan pulau kecil dapat dikerjasamakan sesuai ketentuan.
 
Berdasarkan laporan yang diterimanya, Kepulauan Widi tersebut sudah memiliki izin pengelolaan antara pihak swasta dengan pemerintah provinsi setempat.

Izin pengelolaan tersebut diberikan kepada PT Leadership Islands Indonesia (LII) sejak lama, namun kabarnya hingga kini belum ada realisasi pembangunannya hingga kemudian muncul kabar lelang tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya