Sandiaga Bangga Sineas Bali dan NTB Angkat Kearifan Lokal Dalam Film

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber :
  • VIVA / Anisa Aulia

VIVA Nasional – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan tanggapan positif mengenai Festival Film Bulanan atau FFB periode November yang baru saja selesai. Dia meyakini bahwa melalui film, ekonomi Indonesia mampu bangkit setelah dilanda pandemi.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Sandiaga juga mengaku senang dengan semangat pantang menyerah yang ditunjukkan sineas dari Indonesia Timur. Sebab dengan keterbatasan akses dan fasilitas, mereka tetap semangat memproduksi film.

"Saya senang sekali, di tengah keterbatasan, mereka bukan hanya membuat film untuk diri mereka sendiri. Tapi, juga mengangkat tradisi dan kearifan lokal dari daerah masing-masing," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis 24 November 2022

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral

[ilustrasi] Film

Photo :
  • Pixabay

Sandiaga mengumumkan dua film terpilih asal Kota Denpasar, Bali dan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat yang menjadi pemenang. Dua film itu adalah Merajut Selamat Tinggal karya Sutradara Intan Khairunnisa dan film Maulid Adat Bayan karya Muhammad Jaya Laksana.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

Bagi kedua film terpilih mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di antaranya sertifikat, suvenir, dan penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf sebagai bagian dari ekshibisi. Selain itu, film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan.

Proses kurasi dilakukan oleh 4 orang kurator yaitu Mohamad Ariansah, Rahabi Mandra, Damas Cendekia, dan Batara Goempar. Para kurator memilih berdasarkan 3 kriteria utama dalam penilaian, yaitu orisinalitas gagasan atau ide, cara bercerita dalam film pendek, dan kualitas teknik.

"Sangat menyenangkan sekaligus bangga melihat teman-teman yang ikut meramaikan Festival Film Bulanan. Saya lihat semua semangat dan antusias dengan festival ini," kata Sandiaga.

Ilustrasi Syuting di Alam Terbuka

Photo :
  • dok.ist

Sandiaga juga berpesan kepada para peserta agar terus berkreativitas dan jangan pernah berhenti belajar. "Gali kreativitas dan terus belajar dari pengalaman. Saya percaya teman-teman akan menjadi sineas kebanggaan dan menghasilkan karya yang luar biasa" ujar Sandiaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya