Kementerian Agama Tutup Kompetisi Robotik, Ini Daftar Juaranya

Peraih gelar juara kompetisi robot madrasah
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Nasional – Kementerian Agama RI mengumumkan sembilan madrasah keluar sebagai juara pertama dalam Kompetisi Robotik Madrasah yang digelar di GOR Universitas Negeri Yogyakarta.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

"Suatu hal yang membanggakan, anak madrasah kini memiliki kapasitas mengagumkan dalam teknologi robotik. Ini bukan hanya omong kosong, tetapi fakta dan realitas," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nizar Ali dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kompetisi Robotik Kemenag RI 2022

Photo :
  • Dok. Istimewa
Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Sembilan madrasah yang menjadi juara pertama itu terbagi dalam tiga kategori di tiga jenjang berbeda. Pada kategori Battle Robot, podium tertinggi diraih MI Al-Layyinah Banten, MTsN 6 Kota Padang, dan MAN 1 Kota Bukittinggi. Masing-masing menjadi yang terbaik untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Untuk kategori Robot Inovasi, juara 1 diraih MI Al-Layyinah Banten, MTsN 6 Kota Padang, dan MAN 1 Kota Bukittinggi, yang mendominasi pada jenjangnya masing-masing. Sedangkan pada kategori Mobile Robot, juara 1 masing-masing jenjang adalah MI Al-Lathif Kota Bandung, MTsN 3 Kota Kediri, dan MAN 1 Gresik.

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

Nizar berharap kegiatan seperti ini menjadi stimulus bagi siswa madrasah yang memiliki bakat di bidang robotika sehingga bisa terus mengembangkan transformasi digital, sesuai program prioritas Kemenag.

Sementara itu, Direktur KSKK Madrasah Kemenag Moh. Isom mengatakan apa yang dicapai madrasah membuka pintu untuk dapat bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.

"Mudah-mudahan bisa diproduksi secara masif dan akhirnya robot ini dapat mempermudah kehidupan kita," kata dia.

Siswa MAN 2 Malang pencipta robot penyapu sampah jalanan

Photo :
  • Dok. Istimewa

Isom berpesan kepada mereka yang belum berhasil keluar sebagai juara agar tidak larut dalam kesedihan dan justru harus dijadikan motivasi untuk lebih baik lagi ke depannya.

"Kegagalan merupakan awal dari kesuksesan yang harus terus dilatih dan diasah serta diasuh sampai menemukan keberhasilan dan kesuksesan yang berasal dari inovasi yang dilakukan oleh siswa madrasah," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Agama menggelar kompetisi Robotik Madrasah 2022 di Gedung Olah Raga Universitas Negeri Yogyakarta. Pada gelaran Kompetisi Robotik Madrasah kali ini, sebanyak 180 robot beradu pintar di ajang yang mengambil tema The Next Generation of Robots: Making Better Life.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya