Firli Sebut Pemda Tak Perlu Takut Pakai APBD untuk Bantu Korban Gempa

Ketua KPK Firli Bahuri
Ketua KPK Firli Bahuri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menanggapi imbauan Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tito Karnavian yang minta kepala daerah agar alokasikan dana belanja tidak terduga (BTT) untuk membantu korban gempa Cianjur. Firli hanya mengingatkan soal mekanisme aturan yang berlaku.

Menurut Firli, pemerintah daerah tak perlu ragu manfaatkan dana yang tersedia. Namun, penggunaannnya harus sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku. 

Pemda tidak usah takut mengambil keputusan, kan sudah ada mekanismenya. Dan, yang terpenting dana itu betul-betul untuk membantu rakyat yang sedang tertimpa bencana,” kata Firli, dalam keterangannya, Kamis, 24 November 2022.

Warga di tengah reruntuhan bangunan rumah akibat gempa Cianjur

Warga di tengah reruntuhan bangunan rumah akibat gempa Cianjur

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Dia bilang, saat situasi bencana memang sudah semestinya semua pihak bisa saling membantu. Dengan demikian, bisa menunjukkan solidaritas antar sesama. 

Namun, ia wanti-wanti agar jangan sampai ada yang tega manfaatkan situasi demi mengeruk keuntungan pribadi. Ia mengingatkan jangan terulang lagi korupsi penanganan bencana. "Sebab, itu sangat tidak manusiawi dan sangat melukai hati rakyat,” ujarnya. 

Lebih lanjut, dia menyampaikan pihaknya siap mengawasi titik-titik rawan korupsi dalam penanganan bencana. Hal ini mulai fase tanggap darurat hingga fase rehabilitasi.