14 Korban Gempa Cianjur Masih Hilang, Tim SAR Fokus di Dua Lokasi Ini

Tim gabungan evakuasi korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.
Sumber :
  • Mabes Polri

VIVA Nasional – Tim SAR masih melakukan pencarian terhadap korban hilang akibat gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Tercatat, ada 14 orang korban yang masih hilang di hari ke-7 operasi SAR terkait peristiwa gempa ini.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Kepala Kantor SAR Bandung sekaligus SAR Mission Coordinator (SMC), Jumaril mengatakan pihaknya membagi fokus pencarian 14 korban hilang di dua lokasi yakni di sekitar Warung Sate Shinta, Cijedil dan Kampung Cicadas.

"Kami juga berdayakan seluruh sumber daya yang ada untuk memaksimalkan target pencarian," ujar Jumaril dalam keterangannya, Minggu, 27 November 2022.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Basarnas menemukan korban tewas gempa Cianjur tertimbun longsoran tanah

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tim SAR, 14 korban hilang itu tersebar di RT 03 RW 01, Cijedil sebanyak 12 orang. Kemudian 2 korban lainnya berada di Kampung Cicadas.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

Dalam proses pencarian 14 korban hilang ini, total personel yang terlibat yakni 1.584 orang, terdiri dari tim Basarnas dan Potensi SAR. Sejauh ini, kata Jumaril, kendala pencarian tetap sama di antaranya gempa susulan, medan yang curam, kondisi tanah yang labil hingga cuaca hujan.

"Di balik itu semua, tetap ada safety office untuk memantau dan menganalisis resiko saat tim SAR bekerja," jelasnya.

Selain melakukan pencarian, tim SAR juga melaksanakan droping logistik untuk para korban gempa yang berada di sejumlah lokasi terisolir. Logistik itu diberikan menggunakan helikopter.

Sementara data korban sesuai tabulasi yang dirilis BNPB/BPBD Kabupaten Cianjur terdata jumlah korban dalam pencarian 14 orang, meninggal dunia 318, luka-luka 7.729 orang dan pengungsi 73.693 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya