Cerita Arif Rachman Disuruh Hapus Foto Laporan Autopsi-Peti Brigadir J

Arif Rachman Arifin Terdakwa Kasus Kematian Brigadir J
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional - Mantan Wakaden B Ropaminal Divisi Propam Polri, AKBP Arif Rachman Arifin, mengaku disuruh Kombes Susanto untuk menghapus dokumentasi foto laporan forensik sementara dan peti jenazah Brigadir Yosua.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Diungkap Saat Jadi Saksi di Sidang Lanjutan Pembunuhan Brigadir J

Hal itu diungkap Arif saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. Terdapat tiga terdakwa yang menjalani sidang ini, yakni Richard Eliezer (Bharada E), Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Arif Rachman Arifin Terdakwa Kasus Kematian Brigadir J

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dapat Telepon dari Agus Nurpatria

Cerita Sherly TKW yang Berhasil Taklukan Pejabat Arab Saudi, Kini Hidup Bergelimang Harta

Mulanya, Arif menjelaskan dirinya mendapatkan telepon dari Agus Nurpatria untuk ke RS Polri, Kramat Jati, sekitar pukul 22.30 WIB. Saat itu, Agus meminta Arif ke RS Polri dan berkoordinasi dengan Kombes Susanto.

"Sampai jam 12 malam kurang. Saya menghadap ke Kombes Susanto dan dia menyampaikan kita akan melakukan pengamanan autopsi," kata Arif kepada majelis hakim, Senin, 28 November 2022.

"Kenapa autopsi harus diamankan?" tanya hakim.

"Dalam bidang kami, untuk pengamanan internal menyangkut dengan anggota memang kami berkewajiban terlebih yang meninggal dunia adalah anggota," jawab Arif.

Mantan Wakaden B Ropaminal Divpropam Polri AKBP Arif Rachman Arifin

Photo :
  • Youtube PN Selatan

"Sudah masuk tupoksi?" tanya hakim lagi.

"Siap," jawab Arif.

Autopsi Selesai pada Pukul 02.00 WIB

Proses autopsi jenazah Brigadir Yosua selesai kurang lebih pukul 02.00 WIB pada 9 Juli 2022. Saat itu, Arif menjelaskan dirinya langsung melaporkan ke Agus Nurpatria mengenai autopsi  yang sudah selesai.

"Kemudian Pak Agus, saya melaporkan setelah selesai autopsi. Beliau meminta saya carikan peti jenazah, saya lapor ada beberapa pilihan. Kombes Agus bilang carikan yang terbaik dan ready hari ini, kami foto, beliau acc (peti jenazah)," kata Arif.

"Saudara beli di mana?" tanya hakim.

"Di RS situ," jawab Arif.

Kawal Jenazah Sampai ke Bandara

Setelahnya, Agus memberikan perintah ke Arif untuk mengawal jenazah Brigadir Yosua dengan Kombes Susanto sampai ke bandara lantaran akan diberangkatkan ke Jambi. Arif kembali menjelaskan, setelah proses autopsi dan jenazah dimasukkan ke dalam peti, dirinya menerima laporan forensik sementara jasad Brigadir Yosua.

"Selesai autopsi dan masuk ke dalam peti, saya menerima laporan sementara forensik dan saya sempat foto dan kirim kepada Kombes Agus. Di laporan forensik itu ada tujuh luka (Brigadir Yosua),” kata Arif.

"Yang saudara dokumentasikan lagi apa?" tanya hakim.

"Peti, foto peti. Kalau yang lain sudah didokumentasikan sendiri dan diserahkan Kombes Susanto. Kemudian berangkat subuh tiba di Kargo dan kami diminta untuk menyelesaikan pembayaran kargo pengiriman jenazah almarhum," tutur Arif.

"Kapan saudara Susanto meminta saudara menghapus foto dokumentasi?" tanya hakim ke Arif.

"Selesai autopsi," jawab Arif.

"Jam berapa?" tanya lagi hakim.

"Kurang lebih jam 3," jawab Arif.

"Bagaimana perintahnya?" tanya hakim.

"Jadi, beliau sampaikan agar dokumentasi kirim ke beliau, satu pintu dan hp anggota sudah tidak ada lagi yang tersimpan. Cukup satu pintu pengiriman dan penyimpanan file satu pintu," kata Arif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya