Kronologi Penemuan Jenazah Bripda Anam, Korban Helikopter Jatuh di Perairan Babel

Penemuan jenazah Bripda Anam, kru dari helikopter Polri yang jatuh di Babel
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Ilham

VIVA Nasional – Aparat kepolisian berhasil menemukan satu orang jenazah kru helikopter yang hilang pada Minggu 27 November 2022 siang kemarin. Jenazah tersebut bernama Bripda Khoirul Anam dan ditemukan di perairan Manggar, Pulau Belitung. 

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Hal tersebut dikonfirmasi kebenarannya oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Ramadhan.

"Iya benar (satu orang jenazah itu adalah kru helikopter yang hilang)," kata Ramadhan dalam keterangannya, Senin 28 November 2022.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Tim SAR menemukan tas kru helikopter Polri yang jatuh di perairan Manggar Babel

Photo :
  • Dok SAR

Sementara itu, Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto membeberkan kronologi penemuan Bripda Khoirul Anam. 

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Arief mengatakan pihaknya mendapat laporan dari seorang nelayan bernama Sobri Wassholat yang berhasil menemukan sandaran jok penumpang dari helikopter di perairan Manggar, Belitung. 

Diduga, sandaran jok itu merupakan bagian dari helikopter milik Polri tipe NBO 105 dengan nomor registrasi P-1103 yang dilaporkan hilang kontak.

"Pada hari Minggu (kemarin) jam 20.30 seorang nelayan bernama Sobri Wassholar melaporkan telah menemukan sandaran kursi penumpang Heli Bolco di perairan Manggar Belitung di Timur di dekat Pantai," kata Arief.

Atas temuan sandaran jok tersebut, lanjut Arief, pihaknya berfokus untuk melakukan pencarian di sekitaran perairan Manggar. "Dengan temuan itu fokus pencarian diarahkan di perairan Manggar," ucap dia.

Jok diduga milik helikopter polisi udara yang jatuh di perairan Manggar, Babel

Photo :
  • ist

Setelah itu, pihak Arief mendapat laporan pada Senin 28 November 2022 pukul 07.58 WIB pagi bahwa tim telah menemukan satu jenazah yang diduga kru helikopter tersebut.

"Pada jam 07.58 WIB dilaporkan tim telah menemukan 1 (satu) jenazah yang diduga crew pesawat Bolco P1103," katanya.

Sebagai informasi, helikopter tersebut hilang kontak di perairan Bangka Belitung pada Minggu 27 November 2022 siang. Helikopter itu terbang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight dari Polda Kalimantan Tengah menuju Mako Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Kabaharkam Mabes Polri Komjen Arief Sulistyanto mengatakan, ada empat kru dalam helikopter itu. Mereka terdiri dari pilot, co pilot dan 2 orang mekanik.

Berikut identitas dari 4 kru tersebut:

1. Capt pilot: AKP Arif Rahman Saleh
2. Co pilot: Briptu Lasminto
3. Mekanik 1: Aipda Joko M
4. Mekanik 2: Bripda Anam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya