BNPB Imbau Warga korban Gempa Cianjur yang Rumahnya Tak Rusak Berat Kembali ke Rumah

Seorang warga menyaksikan rumah mereka ambruk terdampak gempa Cianjur
Seorang warga menyaksikan rumah mereka ambruk terdampak gempa Cianjur
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Nasional – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga yang rumahnya tidak dalam kondisi rusak berat setelah gempa di Cianjur, Jawa Barat, untuk kembali ke rumah karena potensi gempa susulan sudah mulai berkurang.

“Kalau misal rumahnya tidak mengalami kondisi seperti tiga yang saya sebutkan, ini bisa kembali lagi untuk melihat rumahnya,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefieng secara daring diikuti di Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Dalam pemantauan BNPB selama di lapangan beberapa waktu belakangan, Abdul mengatakan, pemerintah sudah mulai dapat memilah pengungsi berdasarkan kerusakan rumahnya. Memang benar sejumlah rumah mengalami rusak berat.

VIVA Militer: Prajurit Kopassus mencari korban tertimbun longsor gempa Cianjur

VIVA Militer: Prajurit Kopassus mencari korban tertimbun longsor gempa Cianjur

Photo :
  • Pen. Kopassus

Kerusakan kategori berat dapat dilihat dari kondisi rumah dengan tiang yang patah, dinding terbuka atau kuda-kuda atap yang bergeser sehingga dikhawatirkan akan ambruk atau runtuh bila terjadi goncangan.

Sayangnya, situasi saat ini lebih banyak warga dengan kondisi rumah rusak ringan atau mengalami retak di bagian luar dan masih kuat secara struktur justru tidak berani kembali ke dalam rumah dengan alasan masih takut dan tidak percaya diri.

Halaman Selanjutnya
img_title