Polisi: Jenazah Aipda Joko Ditemukan Nelayan, Tersangkut di Jaring

Jenazah Aipda Joko M, seorang teknisi helikopter polisi yang jatuh, ditemukan.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Nasional - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi, menyampaikan update terbaru terkait penemuan satu orang jenazah helikopter Bolco P-1103 yang jatuh di perairan Manggar, Bangka Belitung.

KKP Sederhanakan Mekanisme Penetapan Nelayan dan Pembagian Kuota BBL

Aipda Joko M, Teknisi Helikopter

Maladi mengatakan kepolisian dan tim SAR menemukan satu jenazah yang bernama Aipda Joko M. Dia merupakan seorang teknisi di helikopter tersebut. Penemuan jasad Aipda Joko ditemukan pada Selasa, 29 November 2022, pada pukul 23.00 WIB.

Intip Pameran Helikopter Terbesar se-Asia Tenggara di Soetta

Jasad co-pilot Helikopter Polri yang jatuh di Bangka Belitung ditemukan

Photo :
  • Istimewa

"Pada hari Selasa, 29 November 2022, sekitar pukul 23.00 WIB,telah ditemukan kembali 1 jenazah korban helikopter NBO 105/P-1103," kata Maladi dalam keterangan resminya, Rabu, 30 November 2022.

Bikin Geger, Potongan Tubuh Manusia Hangus Terbakar Ditemukan Warga Bangkalan Madura

Maladi mengatakan jenazah Aipda Joko ditemukan di Perairan Manggar dekat dengan Pulau Bukulimau. Jasad itu ditemukan oleh seorang nelayan di titik koordinat 3°02.952'S-108°30.295'E.

"Di lokasi karang sewa kurang lebih 15 mill ke arah timur dari pulau Bukulimau (kurang lebih 4 jam dari ASDP Manggar) oleh nelayan bagan asal Tanjung Binga Kabupaten Belitung yang tersangkut di jaring," kata Maladi.

Kapolri Menyampaikan Hal Senada

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada saat upacara penyambutan 2 jenazah kru helikopter Bolco P-1103 di Landasan Udara Mako Polud Pondok Cabe, Tangerang Selatan, pada Rabu, 30 November 2022.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Photo :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham.

"Alhamdulillah, kita temukan kemarin satu orang jenazah lagi. Dengan ini berhasil menemukan tiga orang anggota kita. Satu lagi kita masih lakukan upaya pencarian," kata Sigit.

Hilang Kontak di Perairan Bangka Belitung

Sebelumnya diberitakan, helikopter Polri dengan nomor register NBO105/P-1103 hilang kontak di Perairan Bangka Belitung pada Minggu, 27 November 2022 siang. Terdapat empat crew yang ada di dalam helikopter tersebut.

"Pesawat tersebut datanya NBO105/P-1103 dan kondisinya layak terbang. Di dalamnya ada crew 4 orang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan.

Helikopter Polri

Photo :
  • tvonenews.com

Aparat kepolisian menyimpulkan bahwa helikopter P-1103 tersebut jatuh karena cuaca di perairan Manggar, Pulau Bangka Belitung.

Dari keempat kru yang menumpangi helikopter tersebut, kini pihak kepolisian beserta instansi lainnya berhasil menemukan 2 orang jenazah.

Pertama yaitu, Bripda Khoirul Anam yang merupakan kru helikopter Bolco P1103 berhasil ditemukan di Perairan Manggar, Belitung. Bripda Anam merupakan seorang teknisi helikopter tersebut.

"Yang ditemukan itu Bripda Anam, ini dia teknisi ya," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi, saat dikonfirmasi wartawan.

Kemudian, jenazah Briptu M Lasminto ditemukan di atas permukaan antara Perairan Manggar dan Pulau Buku Limau, Bangka Belitung (Babel). Diketahui, Briptu M Lasminto merupakan co-pilot dari helikopter P1103.

"Berdasarkan informasi terbaru, tim SAR Gabungan bersama Kakorpolairud Baharkam Polri, bersama beberapa PJU Polda Babel berhasil menemukan satu orang lagi kru dari helikopter tersebut," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangannya.

"Yakni atas nama Briptu M Lasminto yang merupakan co-pilot dari helikopter pada pukul 09.45 WIB," sambungnya.

Dengan ditemukannya 3 orang kru helikopter yang jatuh tersebut, kini pihak kepolisian masih terus melakukan pencarian terhadap Kapten pilot helikopter, yaitu AKP Arif Rahman Saleh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya