Jokowi Akan ke Cianjur Lagi, Serahkan Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa

Presiden Jokowi kunjungi tenda pengungsian korban gempa Cianjur
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan kembali mengunjungi Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada hari Senin 5 Desember 2022. Jokowi rencananya akan kembali menyerahkan bantuan kepada korban musibah gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur.

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

"Insyaallah hari Senin Bapak Presiden akan menyerahkan bantuan langsung. Untuk perbaikan rumah, mulai dari rusak rumah (rusak) ringan, sedang, berat. Yang sudah terverifikasi," kata Menko PMK Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 1 Desember 2022.

Presiden Jokowi tinjau langsung episentrum dan lokasi terparah gempa Cianjur

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Muhadjir mengatakan, penyerahan bantuan tahap pertama ini akan diberikan kepada 8.000 ribu rumah yang terdampak akibat gempa. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari rumah yang rumah yang rusak berat, rusak sedang dan rumah yang rusak ringan.

Bantuan tersebut, kata Muhadjir, akan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi. Tujuannya yaitu agar para korban lebih semangat menerima bantuan langsung dari orang nomor 1 di Republik Indonesia tersebut.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

"Ini untuk segera menggairahkan masyarakat. Kan kalau masyarakat sudah dapat langsung dari Pak Presiden, kita harapkan masyarakat segera tidak merasa kondisi bencana lagi, tetapi sudah mulai hidup, mulai bangkit kembali, terutama dari sektor ekonomi kan tidak boleh berlama-lama," kata Muhadjir

Muhadjir mengungkapkan total rumah rusak yang masih diverifikasi saat ini diperkirakan berjumlah sekitar 60 ribu rumah. Proses verifikasi itu melibatkan kelurahan, perguruan tinggi, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Setelah didata kemudian di verifikasi dulu, dipastikan. Apakah memang sesuai dengan daftar yang disampaikan dari pihak kelurahan itu memang sesuai. Dan kita sudah melibatkan perguruan tinggi, lalu kementerian PUPR dan BNPB, utamanya PT yang punya fakultas teknik sipil," ujar Muhadjir

Presiden Jokowi meninjau lokasi gempa Cianjur

Photo :
  • ANTARA

Selain bangunan rumah, pemerintah akan menangani fasilitas umum di Cianjur, terutama sektor pendidikan agar anak-anak di Cianjur dapat segera memperoleh pendidikan.

"Sudah mulai kita tangani untuk fasum, utamanya di sektor pendidikan sehingga jangan sampai pendidikannya berlama-lama terbengkalai, baik nanti ada sekolah-sekolah sementara atau darurat, maupun untuk menangani sekolah-sekolah madrasah," kata Muhadjir

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya