Presiden Jokowi Melayat ke Kediaman Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi Melayat ke Kediaman Ferry Mursyidan Baldan
Sumber :
  • VIVA/ Andrew Tito

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo datang melayat langsung ke rumah duka mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Ferry Mursyidan Baldan, Jumat 22 November 2022 tepat pada pukul 19:00 WIB.

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Presiden Jokowi datang dengan ditemani Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, di rumah duka di Jalan Anggrek Cendrawasih IX, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat 2 Desember 2022.

Presiden Jokowi terlihat langsung masuk ke dalam rumah duka, dan menyalami sejumlah orang yang berada di teras rumah almarhum.

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Hingga malam ini, rumah duka almarhum Ferry Musyidan terus didatangi banyak pejabat. Seperti Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ariza Patria.

Terlihat juga mantan Menteri ESDM Sudirman Said, Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan) Dahnil Anzar Simanjuntak, Mantan Menpora Adhyaksa Dault.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

Berdasarkan keputusan pihak keluarga, Almarhum Ferry Mursyidan akan dimakamkan malam ini di TPU Karet Bivak.

Ferry Mursyidan diketahui meninggal di dalam mobinya usai hadir di acara PMI. Mobilnya diparkir di Basement, Hotel Bidakara Pancoran Jakarta Selatan Kamis 1 Desember 2022.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) yang juga Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 itu membenarkan sebelum ditemukan meninggal, Ferry menghadiri acara Palang Merah Indonesia (PMI).

"Mengucapkan duka cita yang dalam atas berpulangnya ke Rahmatullah almarhum Ferry Mursyidan. Yang pada akhirnya hayatnya justru menghadiri acara Palang Merah dan juga beberapa acara bersama saya," ujar JK melalui akun Instagramnya, Jumat 2 Desember 2022.

Ditemukan Sekuriti Bidakara 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan menjelaskan, berdasar keterangan keluarga korban berada di sana sejak pukul 09.00 sampai 12.28 WIB. Lantas, setelah acara tersebut korban sudah tidak ada kabar.  Kemudian, lanjut Zulpan, siang ini sekira pukul 12.30 WIB, anggota keluarga datang ke sana untuk mencari keberadaan korban.

"Kemudian berkordinasi dengan sekuriti Komplek Bidakara untuk mencari korban dan tidak lama ada kabar dari komandan regu sekuriti Komplek Bidakara bernama Soleh bahwa korban ditemukan di dalam mobilnya," kata dia. 

Lalu pintu mobil pun coba dibuka. Kebetulan, tidak dikunci. Namun, korban sudah tidak bernyawa. Lebih lanjut Zulpan mengatakan, berdasar keterangan keluarga, korban punya riwayat penyakit hipertensi, gula dan diabetes.

Karir Politik dan Pemerintahannya

Politikus senior Ferry Mursydan Baldan meninggal dunia pada usia 61 tahun. Fery pernah menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN di periode pemerintahan pertama Jokowi. Namun, kurang dari dua tahun, Ferry kena reshuffle dan posisinya digantikan Sofyan Djalil.

Dari rekam jejak politiknya, Ferry juga sempat jadi Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI pada 1990-1992. Lalu, ia juga sempat terpilih menjadi Anggota MPR - RI (Utusan Golongan) pada periode 1992-1997. 
Tercatat, Ferry juga lama menjadi bagian dari Partai Golkar. Bahkan, dia sempat jadi Ketua Departemen Pemuda DPP Partai Golkar sejak 1992 sampai 2004.  

Almarhum juga sempat merasakan jadi Anggota DPR RI dari Golkar pada 1999-2009. Pun, setelah tak jadi anggota dewan, almarhum sempat aktif mendirikan organisasi nasional demokrat (Nasdem) pada 2010. 
Kemudian, hal itu yang mengantarkan Ferry pindah parpol ke Nasdem. Dia sempat menjadi pengurus DPP Nasdem.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya