Yudo Margono Pastikan Seluruh Prajurit TNI Netral di Pemilu 2024

VIVA Militer: Laksamana TNI Yudo Margono
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA Nasional –  Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan seluruh prajurit TNI bakal menjaga netralitasnya dalam gelaran Pemilu 2024. Hal itu diungkapkan oleh Yudo di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta hari ini.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Untuk tahun politik saya sudah jelas soal netralitas TNI, dan kita tetap netral di Pemilu 2024," kata Yudo di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022.

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test di DPR.

Photo :
  • YouTube DPR
DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Menurut Yudo, seorang prajurit TNI mutlak tak boleh terjun dalam politik praktis, karena itu merupakan amanh dalam reformasi. "Dan kita sosialisasikan agar netral. Karena netralitas TNI seperti itu," ujarnya. 

Yudi mengatakan akan fokus selama setahun ke depan untuk mempersiapkan TNI untuk tetap netral di pesta demokrasi nanti. 

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"Silakan masing masing-masing orang menilai apakah efektif untuk menjabat selama setahun. TNI tidak bisa bergerak sendiri bila tanpa soliditas dan sinergitas bersama Polri dan komponen negara lainnya," kata Yudo. 

Sebelumnya,  Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin meminta kepada calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk bisa memastikan seluruh prajurit dari seluruh matra untuk bisa netral dalam menghadapi gelaran Pemilu 2024 mendatang. 

"Misalnya saja tentang memintanya kepada panglima agar prajurit TNI itu tetap dalam posisi netral. Kemudian tidak berpolitik praktis terutama ketika menghadapi seperti pemilu, pilkada, pilpres, pileg," kata TB Hasanuddin di Gedung DPR, Kamis kemarin.

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Yudo Margono cek kesiapan Satgasla KTT G20

Photo :
  • Dispenal

Sebagaimana diketahui, Pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) dipastikan bakal digelar pada 14 Februari 2024, dan pemilihan kepala daerah (pilkada) akan digelar pada bulan November 2024 mendatang. Hal itu ditegaskan Presiden Jokowi dalam pengantar rapat persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 bulan Februari 2022 lalu. 

Dalam rapat tersebut, Jokowi juga telah meminta kepada para menteri untuk menyampaikan ketetapan pelaksanaan pemilu tersebut kepada seluruh masyarakat. "Saya kira sudah jelas bahwa Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024," kata Jokowi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya