DPR Bakal Sahkan Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI 6 Desember

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test di DPR.
Sumber :
  • YouTube DPR

VIVA Nasional – Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan parlemen bakal menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Laksamana Yudo Margono sebagai Pangliman TNI pada Selasa, 6 Desember 2022. 

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Komisi I DPR telah menyerahkan hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Yudo Margono kepada pimpinan DPR. Diketahui, Komisi I secara bulat menyetujui pencalonan Yudo Margono.

"Mungkin pada Selasa akan dilaksanakan paripurna," kata Dave dikutip awak media, Sabtu, 3 Desember 2022. 

Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan

Pada Jumat malam kemarin, anggota Komisi I DPR telah memverifikasi faktual rumah dinas Laksamana Yudo Maryono di Jalan Diponegoro, Jakarta. 

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Dalam proses verifikasi faktual di rumah Yudo Margono, ungkap Dave, Komisi I DPR mengecek kesesuaian dengan dokumen yang telah diterima.

KSAL Laksamana Yudo Margono jalani fit and proper test calon panglima TNI.

Photo :
  • Humas Polri

Verifikasi dilakukan mulai dari melihat keharmonisan keluarga. Dalam proses tersebut, hadir ada istri Yudo Margono, AKBP Veronica Yulis Prihayati atau yang akrab disapa Vero. Hadir juga dua anak Yudo Margono, adiknya, serta kakak iparnya. 

Selain itu, Komisi I DPR juga mengecek kesesuaian dengan data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LKHPN) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

VIVA Militer: Laksamana TNI Yudo Margono

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Dave menambahkan, setelah Yudo Margono disahkan sebagai Panglima TNI dalam rapat paripurna nanti, DPR akan mengirim surat kepada Istana untuk menjadwalkan pelantikan. Ia menyatakan, DPR menyerahkan jadwal pelantikan Yudo Margono kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kapan pelantikannya tergantung Presiden Jokowi," kata Dave. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya