Kinerja Menteri BUMN Erick Thohir Dinilai Sukses di Berbagai Bidang

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian BUMN.

VIVA Nasional – Dukungan masyarakat kepada Menteri BUMN Erick Thohir terus berdatangan. Besarnya dukungan masyarakat itu diklaim berkat kinerja Erick Thohir yang berhasil di berbagai bidang.

Kata PSSI Usai Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Seperti yang disampaikan Mantan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulawesi Tenggara, Hartono.

"Kami melihat selama pak Erick Thohir menjadi menteri BUMN banyak keberhasilan yang dilakukan baik secara nasional maupun lokal, mulai dari kinerja keuangan sampai dengan menggabungkan sejumlah perusahaan BUMN menjadi holding raksasa," ujarnya, Sabtu, 3 Desember 2022.

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Erick Thohir, lanjut Hartono, selama menjadi Menteri BUMN sampai sekarang terus menunjukkan kerja-kerja yang sangat positif. Kehadirannya tentu banyak membantu pergerakan roda pemerintahan sekarang.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Atas segala pencapaian yang sukses diraih, dia memandang, Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) adalah tokoh publik yang cemerlang.

"Bahkan imbas dari kehadiran berbagai kebijakan Erick Thohir menciptakan iklim positif bagi kehidupan masyarakat," ujarnya.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. Kementerian BUMN

Menurut Hartono, kondisi BUMN saat ini sudah jauh lebih baik. Di bawah kepemimpinan Erick Thohir, kata dia, telah mampu mewujudkan transformasi BUMN yang akuntabel dan transparan hingga membawa kebermanfaatan bagi kemajuan bangsa ke depan.

“(Erick Thohir) cukup dinilai berhasil, di luar soal perdebatan apa yang terjadi yah. Tapi saya pikir itu sudah jauh lebih baik,” kata Hartono.

Hartono menambahkan sejumlah pencapaian besar juga berhasil diraih Erick Thohir selama memimpin Kementerian BUMN. Di antaranya, berhasil mendatangkan jutaan vaksin dari berbagai negara pada masa awal kehadiran pandemi COVID-19.

Selain itu, Erick Thohir kata dia juga sukses mempercepat pemulihan ekonomi nasional dengan gencar membuka keran pendanaan bagi pelaku usaha lokal. Seperti dengan menggencarkan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Mekaar untuk masyarakat.

Dimana sejak awal tahun sampai 25 Oktober 2022, pemerintah sudah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan total nilai akad Rp293,66 triliun dan jumlah debitur sekitar 7 juta orang.

Berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kementerian Keuangan, sektor usaha yang paling banyak menerima KUR tahun ini adalah perdagangan besar dan eceran, dengan nilai akad sekitar Rp138,52 triliun.

"Secara pengalaman Erick Thohir sudah cukup. Dari sisi politik dia oke, lalu kemudian kepengusahaan dia juga udah kita tahu bersama," ujarnya.

Tak hanya itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga resmi meluncurkan Holding Danareksa pada Juni lalu. Hal itu dilakukan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2022.

Beleid tersebut terkait Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Danareksa. PT Danareksa ditetapkan sebagai induk holding dengan 10 perusahaan pelat merah sebagai anggota holding.

Adapun 10 BUMN yang bergabung dalam Holding Danareksa, yakni PT Nindya Karya, PT Kliring Berjangka Indonesia, PT Kawasan Industri Medan, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, PT Kawasan Industri Makassar, PT Kawasan Berikat Nusantara, PT Balai Pustaka, PT Perusahaan Pengelola Aset, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung, dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut.

"Kami pikir apa yang dilakukan Erick Thohir semata demi negara tentunya untuk masyarakat kita," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya