Tasikmalaya Diguncang 2 Kali Gempa, Warga Panik Berhamburan Keluar Rumah

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Nasional – Warga Kota Tasikmalaya panik saat diguncang dua kali gempa pada Minggu dini hari, 4 Desember 2022. Dikutip laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama  berkekuatan Magnitudo 2,9 dengan kedalaman 10 kilometer, pada pukul 04.34 WIB. Dan, gempa kedua berkekuatan Magnitudo 2,8 berkedalaman 10 kilometer, pada pukul 04.39 WIB.

Pantauan di Jalan Tarumanagara, Kota Tasikmalaya saat gempa mengguncang, warga panik berhamburan menyelamatkan diri karena masih trauma dengan gempa yang terjadi di Cianjur beberapa waktu lalu dan gempa Garut pada Sabtu, 3 Desember kemarin.

Salah seorang warga, Rusmina mengaku merasakan guncangan gempa yang cukup kuat. Meski kekuatan gempa hanya 2,9 dan 2,8 Magnitudo, guncangan gempa dirasakan begitu kuat lantaran berada di kedalaman 10 kilometer.

"Saya kaget, baru bangun tidur ada gempa. Lumayan gede gempanya. Ini barusan terjadi dua kali, pertama pas saya di dalam rumah dan ke dua barusan pas di luar. Kayaknya lebih gede dari yang di Garut kemarin," kata Rusmina.

Pascagempa, warga enggan kembali masuk ke dalam rumah karena khawatir gempa susulan. Warga pun mengaku masih trauma dengan gempa yang terjadi di Cianjur beberapa waktu lalu dan gempa di Kabupaten Garut pada Sabtu kemarin.

"Ah di luar dulu aja, takut gempa susulan. Trauma sih masih ada apalagi kan dengan gempa Cianjur, kami masih takut. Takut kejadiannya seperti itu," ucap Rusmina.

Halaman Selanjutnya
img_title