Moeldoko soal Manfaat Sorgum: Ini Gulanya Rendah Bagus Banget Untuk Diet

Moeldoko masak nasi goreng sorgum
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

VIVA Nasional – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo hadir di GBK dalam sosialisasi Gerakan Penganekaragaman Konsumsi Pangan dengan pembagian nasi goreng sorgum kepada para pengunjung.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Dalam kesempatan itu, Moeldoko pun memasak langsung nasi goreng sorgum bersama Arief Prasetyo. Saat memasak, ia teringat masa kecilnya yang susah mendapatkan nasi.

“Kalau kita dulu tahun 1965 kan susah nasi ya. Kita makannya gandum, makan jagung. Sorgum juga kadang,” kata Moeldoko sambil memasak nasi goreng sorgum.

Lebih Meriah, PEVS 2024 Bakal Tampilkan 82 Merek Otomotif

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo mengatakan, bahwa sorgum ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Terutama bagi mereka yang ingin diet. Dianjurkan untuk konsumsi sorgum.

Moeldoko ditemai Kepala Bapanas Arief Prasetyo masak nasi goreng sorgum

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan
Koreksi Pernyataan Mochtar Ngabalin, Moeldoko Sebut Transisi Pemerintahan Belum Terlihat

“Manfaat sorgum ini banyak sekali ya. Jadi yang pertama ini memang sumber energi kita. Berikutnya lagi gulanya rendah. Ini khusus diet,” ujar Arief Prasetyo.

Moeldoko menambahkan, sorgum ini rendah gula. Sehingga bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin program diet khususnya ibu-ibu. 

“Ini gulanya rendah bagus banget untuk diet. Jadi ibu-ibu yang mau mengecilkan badan nggak usah pusing-pusing, makan sorgum. Ini proteinnya cukup tinggi ya, justru karbohidratnya rendah, seratnya tinggi. Ini makanan luar biasa sebenarnya,” terang Moeldoko.

Masakan Moeldoko ini dicicipi para pengunjung yang hadir di area Parkir Selatan GBK. Ternyata, masakan Moeldoko ini sangat enak. Salah satu pengunjung pun mengungkapkan jika masakan nasi goring sorgum ala Moeldoko sangat enak.

“Enak, bumbunya berasa banget,” kata salah satu pengunjung yang cicipi masakan Moeldoko.

Pengganti beras

Moeldoko ditemai Kepala Bapanas Arief Prasetyo masak nasi goreng sorgum

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Arief menjelaskan, Indonesia memiliki keanekaragaman pangan untuk memenuhi karbohidrat. Sorgum, kata dia, merupakan pengganti beras apabila kris pangan terjadi.

“Kita harus siap-siap dengan alternative pangan local. Sehingga apabila ada satu yang kekurangan itu bisa disubtitusi dengan yang lain,” ungkap Arief.

“Kita juga harus mengurangi impor. Pak Presiden itu perintahnya sebaiknya apa yang bisa ditanam di Indonesia, yang bisa diproduksi di Indonesia, ayo kita produksi,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya