Berkomitmen Majukan Pesantren dan Desa, Alasan Santri di Jateng Dukung Ganjar Presiden

Santri Dukung Ganjar Jawa Tengah menyemarakkan aspirasi 'Ganjar Presiden 2024'.
Santri Dukung Ganjar Jawa Tengah menyemarakkan aspirasi 'Ganjar Presiden 2024'.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 terus mengalir. Kali ini, 600 santriwan dan santriwati yang berjejaring dalam Santri Dukung Ganjar Jawa Tengah menyemarakkan aspirasi 'Ganjar Presiden 2024'. 

Dukungan tersebut disampaikan dalam kegiatan 'Selawat dan Doa Bersama' yang diikuti santri dari sejumlah pondok pesantren di balai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Megulung Kidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar Jawa Tengah, Mukti Abdul Jabir mengemukakan, selain tidak asing di kalangan santri, Ganjar juga terbukti berhasil memajukan desa melalui program-program inovatif. Salah satunya program Sistem Informasi Desa (SIDesa) dan Satu OPD Satu Desa Dampingan yang telah berjalan di 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah.

 

Hal itu pun melatarbelakangi kegiatan Santri Dukung Ganjar Jawa Tengah ini diadakan di balai BUMDes. Mukti menyebut, kegiatan itu sebagai bentuk representasi program-program Ganjar yang telah menginspirasi santri untuk ikut serta mendorong kemajuan desa. 

"Semoga program-program dan kebijakan beliau di Jawa Tengah seperti SIDesa yang memberdayakan desa dapat diaplikasikan ke seluruh desa di Indonesia," ujar Mukti. 

Mukti menjelaskan, dukungan santri untuk Ganjar juga lantaran perhatiannya terhadap perkembangan pesantren yang tidak perlu diragukan lagi. Tercatat, Ganjar telah mengaplikasikan Undang-Undang Pesantren di Jawa Tengah, memberikan bantuan langsung untuk pembangunan dan renovasi pesantren hingga membantu pendidikan para santri di pesantren. 

Halaman Selanjutnya
img_title