Waspada Hujan Lebat Disertai Petir Berpotensi Guyur Sebagian Indonesia

Warga berjalan menggunakan payung saat turun hujan di Jakarta. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Nasional - Potensi hujan sedang hingga lebat mesti diwaspadai akan mengguyur sejumlah daerah di Tanah Air pada Senin, 5 Desember 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan sedang hingga lebat itu dapat disertai kilat, petir.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Menurut laporan BMKG, hujan sedang hingga lebat itu terjadi di wilayah Jawa Barat seperti Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten Cianjur, Kota Cimahi, dan Kota Sukabumi, dan Kota Cirebon.

Selain itu, BMKG juga memprakirakan potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang terjadi di Bali bagian tengah serta barat. 

Langit Dubai Tiba-tiba Berubah Jadi Hijau Usai Banjir Besar

Ilustrasi mengemudi mobil saat hujan deras.

Photo :
  • Dok: ADM

Begitu juga Aceh diprediksi BMKG akan turun hujan intensitas sedang hingga lebat untuk Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Banda Aceh, Aceh Sinkil, Lhokseumawe, Bireun, Sabang, dan Aceh Timur.

4 Kelakuan Kocak Masyarakat Dubai Saat Banjir Ada yang Main Jetski sampai Berjemur

Untuk sebagian wilayah Ibu Kota Jakarta juga diprakitakan sama. Potensi hujan disertai kilat atau petir akan mengguyur wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada sore serta malam hari.

Lalu, menurut laporan BMKG, potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir juga akan turun di wilayah Banten. Sebagian besar wilayah provinsi tersebut akan diguyur hujan seperti Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang bagian utara, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. 

Dari Jawa Timur, masyarakat juga diimbau BMKG untuk waspada akan hujan intensitas sedang hingga lebat. Hujan diperkirakan turun pada pagi hari di beberapa wilayah itu antara lain Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Pacitam, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Kediri, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi, dan Pamekasan.

Sementara, untuk siang dan sore hari di Jawa Timur terjadi di Lamongan, Bojonegoro, Magetan, dan Ponorogo. BMKG juga memprakirakan cuaca hujan disertai petir juga melanda sebagian wilayah Bangka Belitung, Bengkulu, Gorontalo, dan Lampung. 

Begitu juga menurut prediksi BMKG untuk sebagian wilayah Jambi, Maluku, Kalimantan Barat, Kalimantan tengah, hingga Kalimantan Selatan juga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya