Jokowi ke Cianjur Lagi, Tinjau Rekonstruksi Bangunan Terdampak Gempa

Presiden Jokowi tinjau langsung episentrum dan lokasi terparah gempa Cianjur
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional –  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi wilayah terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin, 5 Desember 2022. Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi kembali memilih menempuh jalur darat untuk menuju Kabupaten Cianjur itu. 

Bunyi Ceramah Khatib di Bantul yang Viral soal Pemilu Curang Picu Jemaah Salat Id Bubar

Dalam kunjungannya kali ini, Presiden Jokowi hendak memastikan proses rekonstruksi bangunan terdampak gempa dimulai. Selain itu, Kepala Negara juga ingin memastikan bahwa bantuan kemanusiaan menjangkau seluruh korban yang terdampak gempa.

Presiden Jokowi tinjau bangunan terdampak gempa Cianjur

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Soal Pertemuan Jokowi-Megawati, Istana: Presiden Terbuka untuk Bersilaturami

Sejumlah titik rencananya akan dikunjungi oleh Kepala Negara dalam kesempatan kali ini. Dimulai dari posko penanganan bencana hingga beberapa lokasi terdampak gempa lainnya serta meninjau lokasi pembangunan rumah khusus tahan gempa RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) bagi masyarakat terdampak bencana di Kabupaten Cianjur.

Usai melaksanakan kunjungan, Kepala Negara akan kembali ke Istana Merdeka, Jakarta pada sore harinya. Rencananya, pada Senin malamnya Jokowi akan menghadiri acara The 8th World Junior Wushu Championships Tahun 2022 di Kota Tangerang, Banten.

Lebaran Hari Kedua, Jokowi Ajak Cucu Main dan Sapa Warga Medan

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Suharyanto.

sebagaimana diketahui, ini menjadi ketigakalinya Presiden Jokowi meninjau lokasi gempa bumi di Cianjur. Pertama kali,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuju Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada hari Selasa 22 November 2022 lalu.

Presiden Jokowi tinjau bangunan terdampak gempa Cianjur

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Kunjungan itu tepat satu hari setelah gempa melanda Cianjur. Dalam kunjungan pertamanya pasca gempa itu, Jokowi ingin memastikan korban gempa mendapatkan penanganan yang memadai.

Kemudian Jokowi kembali meninjau penanganan gempa di Cianjur pada dua hari berikutnya yaitu pada hari Kamis 24 November 2021. Kunjungan kedua itu dilakukan Jokowi usai terima vaksin booster di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya itu, Jokowi membawa sejumlah bantuan untuk warga yang terdampak musibah gempa di pengungsian. Presiden membawa bantuan berupa makanan untuk warga, memberika sarung untuk pengungsi laki-laki dan juga mukena bagi pengungsi perempuan untuk beribadah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya