Dibuatkan Rekening Berisi Ratusan Juta, Bripka RR: untuk Anak Ferdy Sambo Main Game

Bripka Ricky Rizal
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Bripka Ricky Rizal alias Bripka RR mengungkapkan ternyata sempat dibuatkan rekening atas nama dirinya sendiri. Ia menjelaskan bahwa rekening tersebut dibuatkan saat masih berada di Brebes, Jawa Tengah.

Alasan Nikita Willy Biarkan Baby Issa Makan Sambil Ngantuk

Hal tersebut diungkap Bripka RR saat menjadi saksi silang dengan terdakwa Bharada E dan Kuat Ma'ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin 5 November 2022.

Berawal dari Majelis Hakim yang menanyakan sejak kapan Bripka RR ikut bersama Ferdy Sambo sebagai ajudannya. Kemudian, Bripka RR menjelaskan bahwa dirinya telah ikut bersama Sambo sejak tahun 2013 sebagai driver pribadinya. Ketika itu, Sambo masih menjabat sebagai Kapolres Brebes.

Kondisi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan Kemaluan Ditendang, Sampai Periksa ke Poli Kandungan

Bripka Ricky Rizal Sidang Putusan Sela

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Singkat cerita, Bripka RR pun sempat memilih menetap di Brebes ketika Sambo mutasi ke Polda Metro Jaya hingga menjabat sebagai Korspri Kapolri.

Kronologi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan, Kemaluan Ditendang Hingga Berdarah-darah

"Terus waktu di 2018 saya sempat diminta untuk ikut waktu beliau jadi kospri kapolri cuma waktu itu saya tidak mau karena saya pertimbangan keluarga," kata Bripka RR.

"Terus di Februari ada becandaan dari ibu menyampaikan 'kamu sombong sekali kok dulu ga mau ikut bapak' saya jawab 'siap dulu mau ibu', 'oh mau ya, bener ya? 'Siap mau ibu' Yaudah kamu bilang keluargamu besok, saya sampaikan bapak supaya kamu ikut terus," sambung dia.

Lantas, Bripka RR kembali menjadi ajudan pribadinya pada tahun 2021, namun dirinya tetap berada di Polres Brebes hingga bulan Agustus 2022 di mutasi ke Yanma Mabes Polri.

"Secara organik saya 2022 dimutasi ke Yanma Mabes, tapi ikut FS lagi bulan Februari 2021 tetapi hanya sebagai BKO," tutur Bripka RR.

Kemudian, Majelis Hakim pun akhirnya bertanya kepada Bripka RR terkait dengan rekening yang dibuatkan menggunakan atas nama dirinya.

"Kemarin pada waktu pemeriksaan sdr saksi-saksi, dari BNI, bahwa uang yang berada di rekening saudara itu pun uangnya FS?," tanya hakim.

"Siap Yang Mulia, dulu pun di Brebes saya sempat buka rekening BNI atas nama saya," jawab Bripka RR.

Bripka Ricky Rizal di PN Jaksel

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bripka RR pun menjelaskan bahwa saat berada di Brebes, Jawa Tengah dirinya diminta untuk memenuhi keperluan keluarga Ferdy Sambo. Salah satunya untuk keperluan anak Ferdy Sambo dalam bermain game kesukaannya.

"Sempat begitu, atas nama saya untuk keperluan waktu itu anaknya masih suka main game jadi dari situ untuk keperluan," kata dia.

Selanjutnya, Bripka RR pun turut mengungkap bahwa identitasnya juga dipakai Sambo untuk membeli sebuah motor.

"Selain rekening apalagi yg aset FS didaftarkan nama saudara?," tanya hakim.

"Setahu saya cuma motor beat waktu itu, karena beliau di Brebes dan harus pakai KTP Brebes sama rekening itu," tegas Bripka RR.

Ia juga menjelaskan bahwa Sambo membuatkan rekening atas nama Bripka RR sebanyak dua rekening. Dimana rekening tersebut berisikan uang ratusan juta rupiah.

"Apa ada rekening lain?," kata hakim.

"Ada rekening BCA," jawab RR.

"Ada berapa?," tanya Hakim.

"Ada dua," kata RR.

"Dan itu uang itu milik FS?," tanya hakim.

"Siap untuk operasional Magelang," kata RR.

"Lah tapikan di BNI saudara sudah diberikan uang 600 juta?," tanya hakim.

"Rp400 juta Yang Mulia terus ditambah pemindahan itu jadi Rp600 juta," tutur RR.

"BCA ada berapa?," kata hakim.

"Saya tidak hapal Yang Mulia," jawab RR.

"Lebih dari 100 juta?," kata hakim.

"Sepertinya begitu," beber RR.

Sebelumnya, Meski dibuat atas nama Bripka Ricky, ternyata sejak tahun 2021 yang berkuasa untuk memegang kartu ATM hingga m-banking rekening tersebut dipegang Putri Candrawathi.

"Yang menggunakan ibu PC, bukan RR. Dia menerima, nantikan ada rekening lain, nanti dikirim sama bu PC. Misalnya ada kebutuhan berapa, dia yang menyampaikan kebutuhan di Magelang bulan ini sekian, nanti PC yang ngirim," kata Kuasa Hukum Bripka RR, Erman Umar.

Kendati begitu, Erman tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah pasti uang dalam rekening atas nama Ricky Rizal. Namun diperkirakan, uang tersebut sempat diperkirakan berjumlah Rp300 juta.

"Pokoknya ratusan juta, Rp300 juta. Ya 2021 itu diminta buka rekening, setelahnya ATM sama buku rekening diserahkan ke ibu PC," kata Erman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya