Pemerintah Korea Utara Eksekusi Mati Remaja yang Sebarkan Film dan Lagu K-Pop

Bendera Korea Utara.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Pemerintah Korea Utara telah mengeksekusi mati tiga remaja, dua karena menonton dan mendistribusikan film dari Korea Selatan dan satu karena membunuh ibu tirinya, kata dua sumber yang menyaksikannya mengatakan kepada Radio Free Asia (RFA), dilansir Senin, 5 Desember 2022.

Fakta Mengerikan Korea Selatan U-23 Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Dugaan kejahatan yang dilakukan oleh remaja tersebut, yang diperkirakan berusia 16 atau 17 tahun, sama-sama jahat, kata pihak berwenang kepada warga yang ketakutan, yang dipaksa untuk menonton eksekusi, kata sumber tersebut.

“Mereka mengatakan, 'Mereka yang menonton atau mendistribusikan film dan drama Korea Selatan, dan mereka yang mengganggu ketertiban sosial dengan membunuh orang lain, tidak akan diampuni dan akan dihukum hukuman mati maksimum,'” ujar penduduk kota Hyesan, di perbatasan dengan China, tempat eksekusi berlangsung, mengatakan kepada dinas Korea RFA.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Kim Jong Un.

Photo :
  • Times of india

Eksekusi dilakukan pada bulan Oktober di sebuah lapangan terbang di kota itu, kata penduduk tersebut. "Penduduk Hyesan berkumpul berkelompok di landasan," katanya. “Pihak berwenang menempatkan siswa remaja di depan umum, menghukum mati mereka, dan segera menembak mereka.”

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

Eksekusi semacam itu jarang terjadi di Korea Utara, tetapi bukannya tidak pernah terdengar. Pihak berwenang biasanya akan menggunakan eksekusi untuk menakut-nakuti orang agar berperilaku seperti yang mereka inginkan.

Eksekusi terjadi sekitar seminggu setelah pihak berwenang mengadakan pertemuan publik untuk memberi tahu publik bahwa mereka akan bersikap keras terhadap kejahatan yang melibatkan media asing, terutama dari Korea Selatan yang lebih makmur dan demokratis.

Diselundupkan di Dalam Flash Frive

Dalam beberapa tahun terakhir, film Korea Selatan dan film Barat, serta musik dan acara TV, telah menyebar ke seluruh Korea Utara melalui USB flash drive dan kartu SD yang mudah disembunyikan. Penyelundup membawa media ke negara itu dari China, dan kemudian didistribusikan dari orang ke orang.

Korea Utara menjadi semakin khawatir tentang budaya Korea Selatan, yang dipandang sebagai dekaden dan anti-revolusioner, menular ke masa mudanya.

Ilustrasi Drama Korea

Photo :

Beberapa laporan RFA selama beberapa tahun terakhir telah mendokumentasikan upaya pihak berwenang untuk memeranginya dengan secara acak menyita smartphone dan memberikan hukuman keras kepada pelanggar.

Warga yang ketahuan menonton film asing akan dikirim ke pusat tenaga kerja disiplin menurut sumber Hyesan. Jika mereka tertangkap lagi, mereka akan dikirim ke kamp kerja paksa pemasyarakatan selama lima tahun bersama orang tua mereka, yang harus bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak mereka yang tidak benar.

Tapi jika mereka ketahuan mendistribusikan atau menjual film Korea Selatan, mereka bisa menghadapi hukuman mati, meski mereka masih di bawah umur, katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya