Waspada Penipuan Berkedok Kurir Paket Kirim File APK Berujung Saldo Rekening Ludes

Modus penipuan pura-pura jadi kurir ekspedisi
Modus penipuan pura-pura jadi kurir ekspedisi
Sumber :

VIVA Nasional – Berbagai cara yang dilakukan oleh penipu untuk menjadikan modus penipuan di jaman serba digital seperti saat ini. Baru-baru ini terungkap lagi modus penipuan lewat ekspedisi kurir paket yang bisa melenyapkan saldo rekening.

Dalam unggahan akun Instagram @polrespasuruanofficial, modus penipuan itu melalui aplikasi chat WhatsApp yang berpura-pura sebagai kurir paket J&T Express. Penipu itu kemudian mengirimkan file dengan ekstensi APK.

Modus penipuan pura-pura jadi kurir ekspedisi

Modus penipuan pura-pura jadi kurir ekspedisi

Photo :

“Pelaku pura-pura dari jasa ekspedisi apapun lalu mengirimkan file dengan ekstensi APK (aplikasi),” tulis keterangan unggahan @polrespasuruanofficial, dikutip pada 5 Desember 2022.

Jika korban yang tidak jeli menerima chat tersebut, akan tertipu dengan modus penipuan mengatasnamakan kurir ekspedisi. Penipu mengecoh korban dengan pura-pura mengirim dokumen dengan judul “lihat foto paket” dalam bentuk APK. 

“Perhatikan dulu ekstensinya apa. File dengan ekstensi "APK" adalah aplikasi yang berjalan untuk OS android,” jelas postingan tersebut.

Dalam kasus ini, sang korban sudah terlanjur mengunduh dokumen yang dikirim oleh penipu karena merasa sedang memesan barang. Setelah itu, tanpa diketahui oleh korban, saldo BRIMO atau BCA Mobile berkurang.

Halaman Selanjutnya
img_title