Polisi di Bandung Akan Tilang Kendaraan Pakai Smartphone

Ilustrasi tilang terhadap pengendara di kawasan perluasan sistem ganjil genap
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA Nasional - Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung ancang-ancang memberlakukan tilang eletronik atau Eletronic Traffic Law Enforcement (ETLE) berbasis smartphone.

Pendeta Gilbert Akan Dilaporkan Lagi Jika Tak Sampaikan Permintaan Maaf Lewat Media

Tahap Sosialisasi

Kasatlantas Polrestabes Bandung, KBO Satlantas Polrestabes Bandung, AKP Deden Juandi, menjelaskan pola tilang ini berada dalam tahap sosialisasi dan pengumpulan data lapangan. Sedangkan ETLE statis yang dikelola Polda Jawa Barat sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu.

Lebih dari 2 Ribu Aparat Tetap Dikerahkan ke MK Meski Relawan Prabowo-Gibran Batal Aksi

Ilustrasi tilang

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

"Kalau Polda udah mulai (ETLE statis), kalau Polres tahap sosialisasi," ujar Deden, Selasa, 6 Desember 2022.

Tujuh Korban Tewas Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel Ditemukan Dalam Satu Ruangan

Polisi Gunakan Smartphone

Pada teknisnya, lanjut Deden, petugas di lapangan menggunakan smartphone berisikan aplikasi ETLE mobile. Dengan hape ini petugas secara cepat memonitor pelanggar lalu lintas dalam kondisi apapun.

"Personel dibekali handphone, dia sedang di pos gatur melihat pelanggar lalu lintas, kita capture lalu diklik (ETLE mobile) pelanggarannya apa, kirim ke office nanti terkonfirmasi dengan samsat alamatnya lalu dikirim surat," katanya.

VIVA Otomotif: Polisi gunakan tilang ETLE pada pelanggar aturan lalu lintas.

Photo :
  • Tangkapan layar Instagram @fakta.indo

Dioperasikan 41 Petugas

Pihaknya menunggu intruksi dari Polda Jawa Barat untuk pemberlakuan tilang elektronik berbasis handphone. Sedangkan ETLE statis yang dikelola Polda Jabar di Bandung sebanyak 21 titik. ETLE mobile pada fase awal bakal dioperasikan 41 petugas.

Hindari Kontak Fisik

Deden menilai, tilang secara mobile ini untuk menghindari kontak fisik antara pelanggar dengan personel kepolisian, mencegah konflik dan membangun budaya transparansi dan pungli.

"Kita mendukung program pemerintah sistem terpadu ETLE, memberikan pelayanan prima, meminimalisasi potensi pelanggaran di lapangan dan menurunkan tingkat fatalitas korban laka lantas," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya