Liga 1 Tanpa Penonton di Stadion, Menpora: Jangan Dianggap Ini Situasi Normal

Menpora RI Zainudin Amali di Istana Kepresidenan
Menpora RI Zainudin Amali di Istana Kepresidenan
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan kompetisi sepak bola Liga 1 yang sebelumnya sempat tertunda akibat adanya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Namun dalam penyelenggaraan Liga 1 ini, akan digelar tanpa adanya penonton di stadion.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali meminta para suporter klub sepak bola tanah air bersabar dan memahami kondisi saat ini. Sebab setelah peristiwa Kanjuruhan, saat ini kondisi sepak bola Indonesia masih dalam penataan dan belum sepenuhnya normal.

"Iya memang harus begitu kan kita jangan dianggap ini dalam situasi normal gitu loh, Kita harus menata dulu dan suporter kita juga akan ditata sesuai dengan panduan undang-undang nomor 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan," kata Zainudin, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 6 Desember 2022.

Ilustrasi perdamaian antar suporter

Ilustrasi perdamaian antar suporter

Photo :
  • instagram.com/ariesmaulanar

Amali mengatakan, dalam Undang-undang nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan, pendukung tim sepak bola harus harys terorganisir dan memiliki tanda keanggotaan resmi. Sehingga pendukung tim sepak bola tidak bisa sembarangan untuk memberikan dukungan langsung di stadion.

"Kan suporter diatur tuh, harus terorganisir, dia harus punya tanda keanggotaan, jadi nggak bisa lagi seperti yang dulu gitu. Ini sambil ditata oleh federasi," ujar Amali

Menurut Amali, saat ini kompetisi sepak bola Indonesia harus segera dimulai mengingat tim nasional Indonesia akan menjalani sejumlah kompetisi Internasional. Adanya kompetisi domestik, membantu pemain tim nasional Indonesia untuk mempersiapkan diri menjalani kompetisi di level internasional.

Halaman Selanjutnya
img_title