Nelayan di Pesisir Selat Madura Diajarkan Cara Dapat Penghasilan Tambahan

Relawan Ganjar memberikan peralatan melaut untuk kelompok nelayan di Madura
Relawan Ganjar memberikan peralatan melaut untuk kelompok nelayan di Madura
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jawa Timur (Jatim) memberikan bantuan peralatan melaut untuk kelompok nelayan di pesisir Selat Madura. Bantuan diserahkan ke ratusan nelayan pada Selasa, 6 Desember di Desa Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya. 

Koordinator Wilayah OMG Jatim, Agung Wirya Saputra mengatakan, beberapa alat yang diberikan yakni jaring ikan, alat pancing, dan wadah untuk mengumpulkan ikan di kapal. Bantuan ini, disebut Agung, mendapat sambutan baik dari para nelayan dan tokoh masyarakat setempat.

Selain peralatan melaut, para relawan OMG juga menggelar pelatihan untuk pengolahan dan pemasaran hasil tangkap para nelayan. Lewat pelatihan tersebut, diharapkan para nelayan bisa lebih mandiri dan mendapat penghasilan tambahan. 

"Biasanya nelayan menjual hasil tangkapan ke tengkulak atau ke pasar tradisional. Tapi bila diolah dan jadi produk jual, bisa menciptakan usaha-usaha mandiri dari rumah, sehingga menjadi UMKM dan tentu dengan ikhtiar tersebut maka pendapatan para nelayan juga bisa bertambah secara maksimal," kata Agung. 

Kegiatan bertajuk 'Dari Selat Madura untuk Indonesia 2024' tersebut, dikatakan Agung juga untuk memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat pesisir. Para relawan OMG Jatim sepakat, Ganjar adalah pemimpin yang sangat peduli pada nelayan kecil. Hal ini terbukti dari program Kartu Nelayan di Jawa Tengah yang terasa manfaatnya untuk keluarga nelayan. 

"Bapak Ganjar Pranowo memiliki rekam jejak yang baik sebagai pemimpin dan delegator rakyat. Di mana program-program yang beliau kerjakan di sektor infrastruktur, kawasan industri, jalur transportasi udara, darat, laut, pariwisata, serta pendidikan sangat luar biasa," ucapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title