Abu Bakar Rieger Copot Zaim Saidi dari Amir Indonesia

Ilustrasi ceramah
Sumber :
  • pixabay

VIVA Nasional – Abu Bakar Rieger, muslim Jerman yang menjadi pimpinan komunitas murid Shaykh Abdalqadir as sufi mencopot Zaim Saidi sebagai Amir Indonesia.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

"Dia tidak lagi dibolehkan membawa-bawa nama Shaykh Abdalqadir as sufi dan diberhentikan sebagai amir Indonesia,” tulisnya dalam keterangannya, Rabu, 7 Desember 2022.

Dijelaskan Abu Bakar Reiger, Zaim Saidi dinyatakan telah menyimpang dari ajaran Shaykh Abdalqadir as sufi. Sekitar bulan Januari 2022 lalu, Zaim Saidi mencetak dinar dirham dengan mencantumkan nama ‘Shaykh Abdalqadir as sufi’ di belakang koin. 

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Ilustrasi hidup keagamaan.

Photo :
  • U-Report

Tindakan itu dianggap menyalahi karena menggunakan nama ‘Shaykh Abdalqadir as sufi’ tanpa ijin dan tidak berhak. Karena hal itu dianggap menyalahi fiqih dan tidak memiliki izin.

Terpopuler: 3 Penyanyi Muslim Suka Lagu Rohani sampai Fakta Meli Joker

Bukan itu saja, dalam kasus pasar muamalah itu terungkap bahwa Zaim masih menjalankan bisnis dinar dirham, dengan mencetak dan menjualnya secara masif. “Ini tidak pernah diajarkan oleh Shaykh Abdalqadir as sufi,” tambahnya lagi. 

Ilustrasi (sumber: bersamadakwah.net)

Photo :
  • U-Report

Selain itu, Zaim Saidi juga menjalankan skema bisnis dinar dirham dengan membentuk wakala-wakala sebagai penjualan dinar dirham. Hal ini sama sekali bukan merupakan ajaran dari Shaykh Abdalqadir as sufi. 

“Praktek itu telah menyimpang karena pengajaran komunitas Shaykh Abdalqadir as sufi adalah mengikuti amal Madinah al Munawarah,” terang Abu Bakar lagi.

Ditambah lagi, baru-baru ini Zaim Saidi membuat statement yang menganjurkan khalayak untuk melakukan rush money, menarik uangnya di bank. Tindakan itu dianggap Rais Abu Bakar Rieger menyalahi. 

“Kami tidak membenarkan adanya pelanggaran hukum nasional,” katanya. 

Atas dasar penyimpangan itulah, Rais Abu Bakar Rieger menyatakan dengan tegas. 

“Saya memberhentikan Anda sebagai seorang Amir dan mengingatkan Anda tentang pengajaran Shaykh Abdal Qadir yang telah Anda manipulasi. Anda tidak memiliki otoritas atau hak untuk menggunakan namanya. Kami, komunitas Shaykh abdalQadir as-Sufi memutuskan hubungan kepada anda (Zaim Saidi),” tegas Abu Bakar Rieger dalam maklumatnya. 

Maka, sejak itu secara resmi Zaim Saidi bukan lagi layak memangku sebagai ‘amir Indonesia’ ataupun membawa nama ‘amirat’.

Sebelumnya, Zaim Saidi sempat viral tahun 2021 dengan kasus Pasar Muamalah.Dalam kasus itu Zaim Saidi yang sempat menjadi terdakwa kasus pasar muamalah yang kemudian divonis bebas oleh PN Depok. Tapi jaksa mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya