PSI Kutuk Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar: Itu Tindakan Keji

Polsek Astanaanyar
Sumber :
  • Twitter @yusuf_dumdum

VIVA Nasional – Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mengutuk keras aksi bom bunuh diri yang terjadi di Polsek Astana Anyar, Bandung Jawa Barat, Rabu pagi ini 7 Desember 2022.

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Karyawan Sempat Dengar Ledakan Sebelum Api Muncul

“Tindakan keji itu sangat tidak dapat dibenarkan. Kami tegas mengutuk aksi tersebut,” kata Anggota DPRD Kota Bandung dari PSI, Christian Julianto, dalam keterangan tertulis, Rabu 7 Desember 2022.

Christian mengatakan, ada banyak cara-cara beradab yang bisa dilakukan dalam menyatakan pendapat. Langkah seperti bom bunuh diri, kata dia, hanya menodai nilai-nilai kemanusiaan.

Anwar Usman Tidak Bakal Tangani Sengketa Pileg yang Melibatkan PSI

“Sama sekali tidak bermanfaat. Tujuan tidak tercapai, justru mudarat jauh lebih besar,” kata Christian.

Lebih lanjut, Christian mengatakan, tragedi ini mengindikasikan bahwa para teroris masih mengintai. Dalam kesempatan sama, ia minta semua warga masyarakat Bandung tetap tenang dan tidak terprovokasi.

Kaesang Tepis Isu Erina Gudono Maju Pilbup Sleman

“Karena itu, aparat keamanan harus terus waspada. PSI juga meminta Pemkot Bandung bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk terus menjaga keamanan,” kata Christian.

Detik-detik Bom Bunuh Diri

Polsek Astana Anyar Bandung

Photo :
  • istimewa

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung menuturkan awal mula ledakan itu terjadi. Dijelaskannya, bermula ketika anggota Polsek Astana Anyar tengah melakukan apel pagi.

"Kami laporkan pukul 08:20 WIB Polsek Astanaanyar sedang apel pagi," tutur Aswin dalam keterangannnya, Rabu 7 Desember 2022.

Kemudian, lanjut Aswin, saat apel itu para anggota didatangi seorang laki-laki sambil membawa senjata tajam. Pria tersebut juga sempat mengacungkan senjata tajam itu.

Pria tersebut menerobos para anggota polsek yang sedang melakukan apel pagi.

"Tiba-tiba ada seorang laki-laki masuk ke Polsek mengacungkan senjata tajam menerobos barisan apel pagi, seketika anggota menghindar," terangnya.

Setelah melakukan aksinya menerobos anggota Polsek Astanaanyar yang apel itu, lalu terdengarlah ledakan yang kemudian diduga bom bunuh diri itu.

"Tidak lama kemudian ada ledakan. Pelaku pembawa bom tersebut meninggal dunia di Polsek Astanaanyar," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya